28 Agt 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

Tak Hanya Sukses Digelar, Konser Yogyakarta Royal Orkestra Saksi Lahirnya LSP Keraton

Yogyakarta (27/08/2022) jogjaprov.go.id - Gending Gati Mardika mengalun indah sebagai pembuka Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orkestra (YRO) yang digelar memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Sabtu (27/08) malam. Dilaksanakan di Kompleks Kamandungan Lor (Keben), Keraton Yogyakarta, konser yang diinisiasi Kawedanan Kridhomardowo Keraton Yogyakarta ini disaksikan langsung Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. 

Turut hadir pada konser tersebut yakni FKPD DIY, perwakilan Konsulat Jenderal, Sekretaris Daerah DIY, Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), perwakilan OPD DIY, dan kalangan akademisi. Gelaran konser ini sekaligus menjadi momentum dibukanya kembali reservasi untuk masyarakat umum untuk bisa menyaksikan agenda Keraton secara luring. Total sekitar 750 penonton memadati area dan menikmati permainan apik YRO dengan latar belakang Kagungan Dalem Regol Brajanala.

“Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi hal yang spesial bagi kami di Keraton Yogyakarta. Sehingga usai Pentas Musikan Kamardikan yang digelar pas di tanggal 17 Agustus, kami tutup rangkaian semarak HUT ke-77 RI ini dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra, full orchestra, dengan berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti solois saxophone, vokal, dan choir,” terang KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhomardowo yang menaungi YRO.

Bertindak sebagai conductor dan pengaba dalam konser kali ini yakni MW. Widyowiryomardowo yang membawakan 11 repertoar. Selain Gati Mardika sebagai pembuka, lagu Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Pahlawan Merdeka, Syukur, dan Tekad, juga menjadi suguhan bagi para hadirin. Lagu-lagu tersebut dimainkan dengan kolaborasi bersama Vocalista Harmonic Choir dari ISI Yogyakarta. Terdapat pula kolaborasi YRO dengan solois saxophone yang merupakan Abdi Dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, lewat Tanah Airku dan Sepasang Mata Bola.

Lagu Kebyar Kebyar selanjutnya dibawakan duet vokal alto Okky Kumala Sari, seorang vokalis band pop-keroncong asal Jogja, Remember Entertainment dan vokal tenor Daniel Christianto, seorang solois vokal yang telah banyak bernyanyi di konser orkestra dan opera berskala nasional maupun internasional. Disusul kemudian penampilan lagu Hari Merdeka yang juga berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir. Sebagai penutup, akan Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa membawakan Gendhing Bubaran “Arum-Arum”. Konser ini dapat disaksikan kembali melalui kanal Youtube resmi: Kraton Jogja. 

 

 

Keraton Yogyakarta Kini Punya Lembaga Sertifikasi Profesi, Terbuka Umum 

Konser Kamardikan YRO kali ini juga menjadi saksi sejarah diresmikannya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Keraton Yogyakarta. Seremonial peresmian dilakukan dengan pemberian sertifikat lisensi LSP Keraton bernomor BNSP-LSP-2138-ID, LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat yang berdiri pada 19 November 2021, oleh Ketua BNSP Kunjung Masehat kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Pada sambutannya, Sri Sultan mengatakan bahwa diresmikannya LSP Keraton menjadi sebuah kebanggaan karena dapat memenuhi standar tingkat nasional dalam pengembangan sumber daya manusia. “Yakni dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja yang meliputi sektor/bidang Seni, Budaya, Rias Pengantin dan Pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi yang diajukan lisensinya ke BNSP,” jelas Sri Sultan. 

Sri Sultan berharap, LSP Keraton Yogyakarta dapat melaksanakan sertifikasi profesi berstandar nasional. “Meskipun LSP milik Keraton Yogyakarta, namun nantinya tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh Abdi Dalem saja, namun juga bisa digunakan oleh masyarakat luas,” ujar Ngarsa Dalem. 

Adapun selanjutnya, LSP Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima ditingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja. 

LSP Keraton Yogyakarta merupakan LSP Multi Sektor yaitu sektor/bidang Seni, Budaya, Rias Pengantin dan Pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi seperti: Penari Gaya Yogyakarta Putra dan Putri; Penyaji Karya Tari; Dalang (Teater Wayang); Wiyogo (Karawitan Pakeliran); Penata Rias Pengantin; dan sebagainya. LSP yang berlisensi di Komplek Pracimasana, Alun-Alun Utara, Keraton Yogyakarta ini dapat diakses oleh masyarakat umum baik secara langsung pada jam kerja maupun melalui website resmi lspkratonjogja.id. [vin/ad/hy]

HUMAS DIY 

 

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: