31 Jul 2018
  Dinas Kesehatan Berita,

Peringati Hari Anak, Dinkes Periksa Jantung 3.000 Siswa SD

Yogyakarta (31/7/2018) jogjaprov.go.id -- Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN)  tanggal 23 Juli, serangkaian kegiatan sudah dan akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan DIY.  Salah satunya, akan dilakukan pemeriksaan/deteksi dini penyakit jantung bawaan terhadap 3.000 siswa kelas 1 SD. 

''Secara umum kegiatan-kegiatan dalam rangka HAN dilaksanakan dengan melibatkan lintas sektor bersama OPD lain, termasuk kabupaten dan kota,'' ungkap Kepala Dinkes DIY drg Pembayun Setyaningastutie MKes, Selasa (31/7).

Beberapa OPD yang terlibat menurut Pembayun antara lain BPPM DIY, Dikpora DIY, BKKBN DIY dan Dinas Kesehatan Kab/Kota. Ragam kegiatannya yakni pencanangan Bulan Tumbuh Kembang di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, posyandu, PAUD dan BKB.

Selain itu ada pula kampanye dalam rangka Pekan ASI sedunia di Mandala Krida, Yogyakarta, pada 10 Agustus 2018. Kemudian talkshow tumbuh kembang dan lomba Balita Sehat di Gunungkidul. Puncak acara HAN sendiri akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2018  di Taman Budaya, Yogyakarta.

Ditambahkan Pembayun, masih dalam rangka HAN ada beberapa inovasi yang dikembangkan di DIY terkait dengan program kegiatan untuk anak, yakni monitoring terpadu di lokasi keterpaduan dengan BPPM DIY, Dinas Dikpora dan BKKBN DIY.  Ada pula pendampingan Asuh Balita di Kabupaten Bantul dan pengembangan pemberdayaan masyarakat dalam Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) di Kabupaten Gunungkidul.

Hari ini, 31 Juli 2018 bertempat di Dinkes DIY juga dilakukan teleconference dengan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili Dirjen Kesmas dr Kirana Pritasari MQIH. Pesertanya dari Dinkes DIY dan lintas sektor, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Lampung dan Dinkes Bone.  ''Melalui teleconference terjadi diskusi dan tukar informasi terkait dengan program kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional,'' katanya. (ap)

Bagaimana kualitas berita ini: