16 Okt 2021

Tempe Benguk Besengek

Makanan khas Jogja ini memang kalah populer dibandingkan Gebleg, yang merupakan "saudaranya" sesama panganan khas asal Kulon Progo. Di Kulon Progo sendiri, besengek tempe benguk ini banyak ditemui di Dusun Nganggrung.

Tempe Benguk adalah tempe yang terbuat dari biji koro benguk (Mucuna pruriens) yang difermentasi hingga menjadi tempe. Bedanya dengan tempe kedelai, tempe benguk warnanya abu-abu.

Nah, tempe ini yang kemudian diolah dengan metode besengek, yaitu dengan memasak tempe benguk dalam rendaman santan beserta bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan beberapa rempah lain.

Semuanya kemudian dimasak dengan api kecil dalam jangka waktu lama sehingga bumbu makin meresap ke tempe benguk yang menjadi makin empuk.

Jangan langsung berprasangka buruk karena penampilan besengek tempe benguk ini kurang menarik karena hanya ada warna abu-abu, dengan sedikit warna putih dari santan. Namun juga sudah dicicipi, rasa tempe benguk yang lembut dengan cita rasa bumbu-bumbu yang meresap gurih, bisa bikin jatuh hati.

Jika ingin mencicipi besengek tempe benguk, sebaiknya datang pagi-pagi sekali di pasar-pasar di Kulon Progo, misalnya di Pasar Nganggrung. Karena nanti kita akan mendapatkan besengek tempe benguk yang hangat karena baru saja matang, berpadu dengan wangi aroma daun kelapa sebagai pembungkusnya.

Yuk dicoba!

Bagaimana kualitas berita ini: