13 Sep 2024

Tidak Hanya Bantuan Finansial, Diharapkan L-OTA Berikan Edukasi Untuk Anak Asuh

Yogyakarta (13/09/2024) jogjaprov.go.id - Lembaga Orang Tua Asuh (L-OTA) DIY menerima kunjunga kerja dari Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Demak di Gandhok Kiwo, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Jum’at (13/9).

Dalam perkunjungan kerja yang juga dihadiri oleh perwakilan L-OTA dari kota/kabupaten di DIY ini, Ketua L-OTA DIY, Drs. Untung Sukaryadi mengajak para pengurus LGN-OTA Jateng dan Demak untuk tak hanya memberikan bantuan secara finansial, tetapi juga memberikan edukasi untuk anak-anak.

“Berbahagia sekali kita bisa berkumpul bersilaturahmi hari ini. Fokus L-OTA itu sendiri yaitu membantu orang lain yang membutuhkan. Dan sebaiknya Lembaga Orang Tua Asuh tidak hanya membantu pada faktor finansial, tapi juga bagimana memberikan pesan-pesan edukasi kepada anak-anak.” ungkapnya.

Salah satu topik diskusi yang dibahas pada pertemuan ini, terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh L-OTA DIY, para penerima bantuan dan sumber dana yang didapatkan. Menurut Untung, L-OTA DIY telah melaksanakan pemberian bantuan berupa dana pendidikan pada tahun 2023 berjumlah ratusan juta rupiah kepada ratusan anak asuh yang bersekolah di tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dan tersebar di seluruh kabupaten/kota di wilayah DIY.

Dana bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh anak asuh untuk keperluan sekolah dengan sebaik-baiknya. Diharapkan pula kerjasama antara LOTA DIY dengan lembaga LOTA kabupaten/kota dalam hal pendataan anak asuh, penyerahan bantuan anak asuh serta monitoring penyerahan bantuan anak asuh. L-OTA DIY juga mengucapkan banyak terimakasih kepada donatur yang telah membantu selama ini, yang terdiri dari pihak perbankan, perusahaan nasional serta BUMN/BUMD di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua LGN-OTA Kab. Demak, Eni Susiani menyampaikan, tujuan kunjungannya kali ini selain dalam rangka bersilaturahmi kepada L-OTA DIY, juga bertukar wawasan dan pengetahuan. Eni juga berharap LGN-OTA Kabupaten Demak dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Tujuan kunjungan ini dalam rangka bersilaturahmi dan juga mencari wawasan, pengetahuan yang bisa kita terapkan dan bisa meningkatkan SDM di LGN-OTA Kabupaten Demak. Harapan kedepannya kita harus semakin baik, maju, dan pelayanannya meningkat.” tutupnya (sr/rts)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: