28 Agt 2023
  Humas DIY Berita,

Tiga Desa Wisata DIY Raih ADWI 2023

Yogyakarta (28/08/2023) jogjaprov.go.id – Tiga desa wisata DIY berhasil meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana menyaksikan secara langsung penganugerahan penghargaan tersebut pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023, Minggu (27/08) di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Malam ADWI 2023 adalah program puncak dari rangkaian kegiatan ADWI 2023. Gelaran ini merupakan malam penganugerahan bagi desa wisata yang berhasil masuk menjadi 75 besar desa wisata terbaik yang sudah terkurasi dan divisitasi oleh Menparekraf yang memiliki tujuan untuk mempublikasikan secara luas pariwisata Indonesia di dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam Malam ADWI 2023 ini disebutkan, Desa Wisata Wukirsari, Bantul berhasil meraih Juara 1 pada klasifikasi Desa Wisata Maju. Sementara, Kampung Wisata Purbayan, Kota Yogyakarta terpilih sebagai Juara 2 pada klasifikasi Desa Wisata Berkembang. Sedangkan Desa Wisata Hargotirto, Kulon Progo berhasil menempati Juara 5 untuk Kategori Homestay dan Toilet.

ADWI 2023 sendiri merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk ketiga kalinya dengan mengangkat tema ‘Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit’. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutannya mengatakan, program ADWI ini bertujuan menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Pun mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa. Mendorong kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia.

“Ini (ADWI) bukan hanya tentang program pemerintah, melainkan perjalanan spiritual kita, 3 tahun bersama-sama berjuang membangkitkan ekonomi dari desa, bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguh luar biasa. Saya semakin yakin bahwa ternyata bukan Indonesia membangun desa, tapi desa lah yang membangun Indonesia. Saya semakin yakin juga bahwa desa wisata di Indonesia sudah siap mendunia,” tutur Menteri Sandiaga.

Menteri Sandiaga mengungkapkan, keputusan untuk mengadakan program ADWI yang dimulai pada tahun 2021 ini awalnya mendapatkan banyak keraguan dari berbagai pihak. “Pada saat itu dunia sedang melemah, pandemi melanda, ekonomi sulit. Semua kesempatan terjepit dan masyarakat merasakan dampaknya. Namun dengan tekad kuat dan kobaran semangat bersama kita putuskan memulai Anugerah Desa Wisata Indonesia. Karena saya yakin, kebangkitan ekonomi itu bukan dimulai oleh sosok-sosok yang ada di pusat, tetapi kebangkitan ekonomi berawal dari sosok-sosok jiwa-jiwa yang tak pantang kalah,” jelas Menteri Sandiaga.

Lebih lanjut diutarakan Menteri Sandiaga, dirinya sendiri tidak pernah menyangka antusiasme para pegiat wisata tiap tahunnya semakin tinggi untuk mengikuti program ADWI. Sejak digelar pertama kali pada tahun 2021 hingga memasuki tahun ketiga di tahun 2023 ini, peserta desa wisata yang mendaftar untuk mengikuti ADWI selalu melampaui target yang ditetapkan oleh pihaknya.

“Tahun 2021 ADWI menjaring targetnya 800 saja sudah beruntung, tapi kita mendapat 1.831 data desa wisata. Tahun depannya (2022) saya targetkan lebih tinggi lagi yaitu 2.500, terjaring 3.419 desa wisata. Dan di tahun 2023 ini saya targetkan angka yang cukup tinggi, ternyata 4.573 desa wisata telah mendaftar dari target awal 4.000 yang kita targetkan,” terang Menteri Sandiaga.

Menteri Sandiaga pun menyampaikan, capaian tersebut tidak terlepas dari dukungan serta antusiasme seluruh masyarakat yang saling berupaya agar terus maju dan semakin menduniakan Indonesia. “Ini juga merupakan komitmen kami dalam memberikan dampak dan kemajuan yang berarti bagi bangsa Indonesia di masa depan. Dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi dari seluruh unsur pentahelix untuk memaksimalkan semua potensi,” kata Menteri Sandiaga.

Menteri Sandiaga pun menyampaikan pesan dari para pegiat desa wisata, dimana program ADWI ini diharapkan bukan hanya terus berlanjut tapi harus ditingkatkan ke depannya demi mewadahi dan memastikan kemajuan dari pariwisata Indonesia. Selain itu yang terpenting yakni membawa keberkahan bagi masyarakat di desa, dengan tujuan yang saling berirama dari desa wisata Indonesia mendunia.

“Sekarang mencari pekerjaan sulit, makanya desa wisata akan menjadi garda terdepan untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024. Karena saya yakin dengan keragaman dan kekayaan budaya dan alam Indonesia, kita sudah siap untuk mempersembahkan keindahan ini untuk dunia,” ungkap Menteri Sandiaga.

Menteri Sandiaga juga menyebutkan, bahwa di tahun 2023 ini, pihaknya sudah meluncurkan program dana untuk mendukung usaha pariwisata di masing-masing desa wisata yang berhasil memenangkan ADWI. “Jadi kalian jangan khawatir karena kami akan terus membersamai. Kami juga memastikan mitra-mitra strategis ikut bersama dengan para desa wisata,” ujar Menteri Sandiaga. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: