12 Jul 2012
  Humas Berita,

Tim Lomba Desa Pusat Klarifikasi Desa Karangrejek Maju Ke 6 Besar Naasional

 

Tim Lomba Desa Pusat Klarifikasi Desa Karangrejek Maju Ke 10 Besar Naasional

 

YOGYAKARTA(12/07/2012) pemda-diy.go.id. Pada intinya penyelenggaraan perlombaan Desa/Kalurahan bukan system arisan atau menunggu giliran menjadi juara dan mewakili daerah untuk mengikuti perlombaan desa disetiap tingkatan atau acara temu karya dan acara kenegaraan di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Pelatihan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa - Kementerian Dalam Negeri. Ir.R.Sartono.MSi ketika membacakan sambutan tertulis Dirjen Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri RI selaku Ketua Tim Klarifikasi lapangan Perlombaan Desa dan kalurahan Tingkat Nasional tahun 2012 siang tadi (Kamis,12/07) di Gedung Pracimosono,Kepatihan,Yogyakarta yang diterima Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DIY RM.H.Astungkoro.M.Hum atas nama Sekda Provinsi DIY.

Menurut Dirjem PMD kementerian Dalam negeri bahwa Dese pemenang lomba ini diharapkan dapat menjadi contoh, tauladan bagi desa-desa yang lain atau bisa mempertahannkan juaranya pada tahun-tahun berikutnya . Selin itu juga diharapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan secara terus menerus dan berkelanjutan dapat melakukan pembinaan pada desa juara lebih baik dimasa mendatang.

Adapun Tim Klarifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kalurahan Tingkat Nasional Tahun 2012 di Provinsi DIY di pimpin Kasubdit Pelatihan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa - Kementerian Dalam Negeri. .R.Sartono. SSI. MSi terdiri 6 orang diantaranya Farida Kurnianingrum, Elly Sarmawati, Endang Rustianti dari Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa - Kementerian Dalam Negeri, Elwis dan Tim lainnya dari Kementerian Kesehatan RI.

Tim ini menurut Ketua Tim Klarifikasi berada di Yogyakarta sampai hari Jumat besok (13/07) selain melakukan Klarifikasi data di Tingkat Provinsi DIY, Kabupaten Gunungkidul dimana salah satu Desa di kabupaten Gunungkidul yaitu Desa karangrejek menjadi pemenang juara I Tinfjkat Provinbsi DIY dan menjadi 10 Besar Juara Perlombaan Desa dan Kalurhan Tingkat Nasional tahun 2012 mewakili Provinsi DIY serta melihat secara langsung hasil klarifikasi tersebut di cocokkan dengan data di lapangan.

Sementara itu Sekda Provinsi DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Provinsi DIY RM.H.Astungkoro.M.Hum selain mengucapkan selamat datangnya di Yogyakarta kepada Tim Klarifikasi Tingkat Nasional juga menjelaskan bahwa keunggulan yang dimiliki Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari sehingga sebagai pemenang Juara I Tingkat Provinsi DIY dan menjadi 10 Besar Tingkat Nasional Tahun 2012 adalah: 1 BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan air bersih serta permasalahan keterbatasan penyediaan permodalan bagi usaha kecil dan Pendapatan Asli Desa (PAD) yang terbats. (2) Manajemen administrasi Desa, (3) Usaha Ekonomi Rakyat, (4). Pembangunan Lingkungan Pemukiman Berbasis Masyarakat dalam upaya mewujudkan lingkungan pemukiman yang bersih, sehat, indah, nyaman serta memberikan akses kemudahan pengembangan perekonomian masyarakatnya. (5) Pelestarian Adat dan Budaya, (6) pembangunan dan Pengembangan PAUD oleh Pemerintah bersama masyarakat, (7) Desa Siaga penerapannya telah melembaga di masyarakat, bahkan sudah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam rangka mewujudkan kesiapsiagaan masyarakat dan berbagai pihak yang bertanggungjawab di bidang kesehatan, baik menyangkut kejadian bencana alam, kegawatdaruratan maupun wabah penyakit dan (8) cadangan Pangan Pemerintah desa (CPPD),

Setelah Tim Klarifikasi Perlombaan Desa dan Kalurahan Tingkat Nasional Tahun 2012 mendengarkan penjelasan dari Pejabat terkait di Provinsi DIY , Tim juga ingin mendengarkan langsung dari Pembina Desa Karangejek, Wonosari sebagai pemenang 10 besar perlombaan Desa tersebut dari Bupati Gunungkidul Hj.Badingah.S.Sos dan jajarannya yang diterima di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari,Gunungkidul.

Dalam paparannya Bupati Gunungkidul Hj.Badingah.S.sos yang didampingi Wakil Bupati Drs.H.Imawan Wahyudi, Ketua Komisi A dan Komisi D DPRD Kabupaten Gunungkidul antara lain menjelaskan bahwa Kabupaten Gunungkidul yang luasnya 148.535 hektar dengan penduduk 688.145 jiwa terbagi dalam 18 kecamatan,144 Desa mempunyai karakater dan permasalahan yang dihadapi berbeda-beda. Namun demikian dengan kondisi seperti itu untuk Desa karangrejek meskipun awalnyanya selalu menghadapi permasalahan akan kekurangan air dengan didirikannya BUMDES ini hamper semua permasalahan tersebut dapat terpecahkan. Karena BUMDES ini bisa memberikan solusi baik kesuliatan air, permasalahan permodalan bagi UMKM bahkan lembaga di desa tersebut mampu memberikan APB Des sehingga dampaknya pembangunan di desa ini selangkah lebih maju jika dibanding dengan desa-desa lainnya di wilayah Gunungkidul.

Usai mendengarkan pemaparan dari Bupati dan Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Gunungkidul Tim Klarifikasi Perlombaan Desa dan Kalurahan Tuingkat Nasional 2012 melakukan dialog dengan pejabat instansi terkait di Kabupaten Gunungkidul dan besok pagi (jumat,13/07) Tim Klarifikasi akan mencocokkan data klarifikasi baik dari Provionsi DIY maupun Kabupaten selaku Pembina di Desa Karangrejek, Wonosari,Gunungkidul selaku Desa pemenang lomba 10 besar Tingkat Nasional di sample-sample dilapangan. (Kar/rsd)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: