06 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Tingkatkan SDM Kalurahan, Nayantaka Gandeng 10 Kampus

Yogyakarta (05/08/2024) Jogjaprov.go.id - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan DIY "Nayantaka" menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan 10 kampus di DIY yang digelar melalui acara bertajuk Kolaborasi dan Dedikasi untuk Jogja Istimewa pada Jumat (02/08) lalu. Nota kesepakatan ini berupaya meningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemerintah dan masyarakat kalurahan, dalam merespon kebijakan Pemda DIY terkait Reformasi Kalurahan.

Sepuluh kampus tersebut yaitu STPMD "APMD" Yogyakarta, Universitas Amikom Yogyakarta, UPN "Veteran" Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, STP AMPTA, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas AKPRIND, Universitas Nahdhatul Ulama, Universitas Widya Wiwaha, dan Universitas Islam Mulia Yogyakarta.

Sejumlah keringanan yang diberikan oleh kampus-kampus tersebut, antara lain kemudahan akses fasilitas pendidikan bagi Lurah/Pamong/Staf dan masyarakat kalurahan, pendampingan penyusunan roadmap pengembangan potensi kalurahan, pendampingan BUMKal, pendampingan pengembangan usaha masyarakat, serta penguatan SDM Kalurahan (Pamong dan LKK) melalui pelatihan.

Ketua Paguyuban Nayantaka, Gandang Hardjanata mengatakan pihaknya berharap, MoU ini menjadi awal kolaborasi antara kalurahan dengan kampus maupun dengan Pemda DIY dan Kraton/Kadipaten, baik dari sisi pemerintahan maupun pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, perlu kolaborasi, baik yang di dalam maupun dengan supra kalurahan, termasuk kampus.

"Biar SDM Kalurahan seperti lirik lagu Jogja Istimewa Istimewa Negerinya, juga istimewa orangnya. Saya ingat pesan Bapak Gubernur saat pengukuhan Lurah sebagai Pemangku Keistimewaan tahun 2020 lalu, tentang strategi Desa melayani Kota sehingga kalurahan akan menjadi sentra pertumbuhan," tutur Gandang.

Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda DIY KPH Yudanegara menyampaikan sebagai pembina Paguyuban Nayantaka, pihaknya menyambut baik terselenggaranya MoU Nayantaka dengan 10 Kampus tersebut. Melalui kegiatan ini bisa mendorong transfer of knowledge dari kampus pada kalurahan nantinya.

Kegiatan kampus seperti kuliah kerja nyata, merdeka belajar, atau magang, bisa diarahkan pada pemberdayaan masyarakat di kalurahan. "Kalurahan punya sumberdaya alam dan ekonomi, melalui UMKM dan BUMKal. Lalu kampus punya ilmu untuk membantu mengkonversikannya agar sumberdaya tadi bermanfaat secara sustainable bagi masyarakat", jelas Kanjeng Yuda.

Sepuluh Kampus mitra kesepakatan Nayantaka berkomitmen untuk memperkokoh kerjasama dengan kalurahan, sampai pada aspek optimalisasi program pengabdian masyarakat melalui pembiayaan dari Dikti. Hal ini disampaikan oleh perwakilan masing-masing kampus pada sesi diskusi.

Setelah pertemuan ini, Paguyuban Nayantaka diundang Forum 101 Kampus di DIY yang dipusatkan di Universitas Amikom Yogyakarta pada Senin (05/08), untuk memaparkan rencana kerja pasca penandatanganan MoU, dan potret-potret pemberdayaan masyarakat di kalurahan. (Fn)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: