05 Okt 2022
  Humas DIY Berita,

TNI Dari Masyarakat Untuk Masyarakat

Yogyakarta (05/10/2022) jogjaprov.go.id – Berdasarkan Hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI Puji Cahyono selaku Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 TNI Tahun 2022.

Hadir pada Upacara HUT TNI, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, beserta anggota Forkopimda DIY dan para tamu undangan di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta, Rabu (05/10). Pada kegiatan upacara kali ini, dilakukan pula penyerahan piagam penghargaan dari BKKBN kepada Dandim wilayah DIY. Piagam ini diberikan oleh BKKBN kepada Dandim Wilayah DIY atas dukungan TNI dalam percepatan Program Bangga Kencana BKKBN melalui Kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu (TMKK) Tahun 2022, dengan perolehan peringkat terbaik kedua se-Indonesia. Selain itu ada pula pemotongan tumpeng dan penyerahan santunan.

Dalam hal ini, Sri Sultan mendapatkan kehormatan pertama untuk melakukan pemotongan tumpeng. Potongan tumpeng pertama oleh Sri Sultan secara simbolis diberikan kepada prajurit berprestasi yakni, Serda (K) Risna Oktavia Hardanikdari TNI AD dengan prestasi peraih PORDA DIY 2022 Panahan Divisi Recurve Putri 70m. Serta bersama anggota Forkopimda menyerahkan bingkisan kepada perwakilan anak yatim.

Gubernur DIY meyampaikan selamat Dirgahayu ke-77 kepada  TNI dan berharap semoga TNI tetap bisa melaksanakan  Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dengan penuh konsisten. Selain itu, menanggapi atas penghargaan yang diterima oleh TNI dalam rangka membantu pemerintah dalam program pencegahan dan upaya mengatasi stunting, Sri Sultan mengharapkan adanya kerjasama dan kolaborasi antara dinas dan lembaga pusat terkait yang ada di daerah (BKKBN, Dinas Sosial dan DP3AP2)  untuk membantu menyukseskan program pemerintah tersebut. Kolaborasi dan kerjasama ini diperlukan dalam rangka mencegah agar pernikahan dini tidak terjadi dan pemberian edukasi (transfer informasi) kepada masyarakat, khususnya pengetahuan keluarga, menyangkut masalah kelahiran maupun pengasuhan terhadap anak. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan upaya untuk mengatasi masalah stunting yang ada saat ini.

Adapun disampaikan oleh Puji Cahyono dalam amanat upacara, berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survey, selain mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2% dari IPI, TNI juga mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Demikian juga hasil Lembaga SUrvei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 merilis hasil survey dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi, sebesar 93,5%.

Disampaikan olehnya, tema HUT TNI ke-77 tahun 2022 adalah “TNI adalah Kita” yang mengandung makna bahwa TNI dengan masyarakat adalah satu kesatuan. “TNI adalah kita, kita adalah masyarakat, TNI berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat,” tegasnya.

Ia menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengna bertindak dan berucap sesuai dengan Tugas Pokok TNI. “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan kekuatan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara yang kita cintai dan kita banggakan,” ucapnya.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 TNI Tahun 2022, akan dilaksanakan kirab Drumband Gita Dirgantara AAU dan Alutsista, pada Rabu (05/10), mengambil start Gedung DPRD DIY dengan finish di titik Nol Km. Rencana kirab akan dimulai pada jam 14.30 WIB. (Pj/ Fk/ Ts/ Jhn)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: