08 Jun 2022
  Humas DIY Berita,

TP PKK DIY Siap Kolaborasi Bersama BPRSR Dinsos DIY

Sleman (08/06/2022) jogjaprov.go.id – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DIY siap membantu, berkolaborasi, dan bersinergi dengan Dinas Sosial DIY dalam mendukung kegiatan Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR). Hal yang sama juga diharapkan bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-DIY, melalui program terkait ketahanan keluarganya.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK DIY GKBRAy A. Paku Alam saat memberikan sambutan dalam agenda Kunjungan Kerja Tim Penggerak PKK DIY ke BPRSR Dinas Sosial DIY, Sleman, Yogyakarta pada Rabu (08/06) pagi. Hadir pula dalam kunker tersebut, Kepala BPRSR Dinas Sosial DIY Baried Wibawa, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Sleman, Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-DIY serta hadirin tamu undangan lainnya.

“Kita Tim Penggerak PKK membantu Dinas Sosial untuk menjadi ‘panjang tangannya’ BPRSR ini untuk anak-anak kita. Bagaimana pun juga anak-anak Indonesia adalah anak-anak kita semua. Dan besar harapan kami di Tim Penggerak PKK Kota dan Kabupaten, kita sama-sama membantu anak-anak melalui ketahanan keluarganya,” tutur Gusti Putri.

Gusti Putri menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK DIY mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan membina dalam pelaksanaan program-program pokok Tim Penggerak PKK, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Begitu pula menghimpun, menggerakkan, dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program Tim Penggerak PKK secara menyeluruh.

Dikatakan Gusti Putri, Tim Penggerak PKK DIY berkomitmen bersama Pemerintah Daerah DIY melalui kegiatan-kegiatan di semua pokjanya (Kelompok Kerja) dan berupaya agar kejahatan jalanan yang melibatkan anak-anak tidak semakin meluas, tetapi bisa ditekan agar tidak ada lagi kasus-kasus serupa terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Besar harapan Gusti Putri, DIY bebas dari kejahatan jalanan yang melibatkan anak dan menjadi daerah yang nyaman, tenang dan tentram yang betul-betul dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat.

“Nah inilah saatnya kita membantu dengan kepedulian kita, membantu anak-anak dan orang tuanya untuk dapat diterima kembali setelah dari BPRSR ini. Saya sangat mengharapkan kita berkolaborasi untuk program ini,” ucap Gusti Putri.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan BPRSR ini dapat diperumpamakan sebagai pengganti orang tua sementara bagi para remaja yang sempat terlibat permasalahan sosial anak. Menurutnya, setiap permasalahan sosial yang melibatkan anak sebagai pelaku, biasanya terjadi karena permasalahan dalam keluarga.

“Pada kejahatan anak di jalan dan permasalahan sosial anak, yang menjadi persoalan utama biasanya masalah keluarga. Maka ketika anak ini sudah bermasalah, dan akan dikembalikan ke keluarga, keluarga harus disiapkan. Untuk itu, kami mohon bantuan Tim Penggerak PKK yang ada sampai di wilayah desa untuk penyiapan keluarga,” terang Endang.

Selain membantu dalam penyiapan keluarga, Endang juga berharap Tim Penggerak PKK bisa menginformasikan juga pelayanan masalah kesejahteraan sosial yang ada di BPRSR. Salah satunya adanya klinik konsultasi. “Jadi sebagai tindakan preventif jika di keluarga sudah ada indikasi anaknya nakal, sebelum terjadi suatu kejadian, ini kita siap untuk menerima keluarga berkonsultasi,” kata Endang.

Endang menjelaskan bahwa BPRSR ini adalah Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja yang melakukan pelayanan anak yang berhadapan dengan hukum. BPRSR menyediakan pelayanan pendampingan dan perlindungan sejak proses penyidikan hingga keputusan pengadilan terhadap kasus kejahatannya. Selain itu, proses rehabilitasi sosial juga dilakukan oleh BPRSR.

“Maka di sini sebagai orang tua pengganti, ketika mereka dititipkan sambil menunggu proses penyidikan, juga sambil menunggu sidang, ini kita melakukan ada bimbingan fisik, mental, sosial, dan keterampilan,” ujar Endang.

Pada penghujung kunker ini turut dilakukan penyerahan cendera mata dari Kepala Dinas Sosial DIY kepada Gusti Putri. Cendera mata yang diserahkan merupakan hasil keterampilan dari PPKS BPRSR Dinas Sosial DIY. Adapun selepas pelaksanaan kunker tersebut, dilakukan pula kunjungan lokasi di lingkungan BPRSR Dinsos DIY oleh Gusti Putri bersama seluruh tamu hadirin. (Han)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: