13 Des 2022
  Humas DIY Berita,

TPID DIY Pastikan Stok Bahan Pokok Gunungkidul Aman

Gunungkidul (13/12/2022) jogjaprov.go.id – Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY memastikan ketersedian stok bahan pokok di Kabupaten Gunungkidul aman  terkendali. Kenaikan harga pada beberapa bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih, dan telur pun dinilai tidak ekstrem dan masih terjangkau oleh masyarakat.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (APSDA) Setda DIY Yuna Pancawati mengutarakan hal tersebut saat ditemui usai mengunjungi Pasar Semin, Gunungkidul, Yogyakarta pada Selasa (13/12). Selama kegiatan tersebut, Yuna bersama TPID DIY turut didampingi oleh Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto.

“Harga-harga memang ada kenaikan tapi untuk ketersediaan itu sudah cukup. Artinya aman untuk konsumsi masyarakat sampai dengan Natal dan Tahun Baru,” ucap Yuna.

Yuna mengatakan, kenaikan harga pada beberapa bahan pokok tersebut terjadi pada saat turunnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bukan karena kelangkaan bahan pokok. Namun seiring waktu berjalan, harga beberapa bahan pokok tersebut belum mengalami penurunan kembali.

“Mudah-mudahan nanti bisa diharapkan ada penurunan harga terutama telur. Kalau untuk beras aman. Kolaborasi dan sinergi teman-teman dari TPID DIY dan Kabupaten Gunungkidul ini juga bisa untuk pengendalian inflasi daerah sehingga bisa terjaga,” jelas Yuna.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto menyampaikan, pihaknya telah berdiskusi dan berkoordinasi dengan TPID DIY terkait langkah yang bisa dilakukan apabila di kemudian hari terjadi gejolak harga. Salah satu langkah antisipasinya yakni melaksanakan operasi pasar.

“Banyak hal yang sudah kita diskusikan. Insya Allah pemerintah terus akan melakukan pemantauan dan akan kami pastikan bahwa kebutuhan pangan di Gunungkidul menjelang Tahun Baru ini aman dan tercukupi,” terang Heri.

Adapun berdasarkan hasil pemantauan terhadap harga bahan pokok di Pasar Semin diketahui harga telur ayam broiler yakni 30 ribu per kilo; bawang merah besar yaitu 34 ribu per kilo, dan bawang putih sincau seharga 24 ribu per kilo. Sementara beras IR 1 (premium) seharga 12 ribu per kil;, beras IR 2 (medium) seharga 11 ribu per kilo; gula pasir putih seharga 14 ribu per kilo; minyak kemasan merek ‘Kita’ seharga 14 ribu per liter dan merek ‘Sunco’ seharga 20 ribu per liter. (Han/Ip/Sis)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: