10 Mei 2018
  Humas Berita,

UNDAGI#2 Tampilkan Karya 84 Kriyawan

Yogyakarta (09/05/2018) jogjaprov.go.id - Untuk yang kedua kalinya pameran Besar Seni Kriya UNDAGI digelar. Bertajuk ‘Inspirasi Budaya Nusantara dalam Kriya’ pameran ini mendapat sambutan baik dari masyarakat Yogyakarta.

Pada pembukaan UNDAGI#2 di Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (09/05) malam, Kurator Pameran UNDAGI#2, Timbul Raharjo menyatakan, pameran seni kriya ini merupakan pameran yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerja sama dengan Jurusan Kriya Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan DIY.

“Kami berharap masyarakat bisa mengapresiasi para seniman yang hadir di sini karena dalam pameran ini kita semua bisa menikmati kriya kayu, kriya logam, kriya keramik, kriya kulit, kriya batik, dan kombinasi dari berbagai bahan,” ungkapnya.

Pameran UNDAGI#2 ini menampilkan karya 84 kriyawan dari berbagai daerah di Indonesia, dengan total 110 karya yang luar biasa. Menurut Timbul Raharjo, UNDAGI#2 mampu menunjukkan masyarakat Indonesia memiliki kekuatan kreativitas yang luar biasa.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang turut hadir dalam pembukaan UNDAGI#2 mengungkapkan harapannya agar pameran UNDAGI bisa menjadi titik lanjut kebangkitan sains dan seni yang digagas oleh undagi atau tenaga ahli. Kebangkitan sains dan seni tersebut juga diharapkan bisa menjadi media penghantar peradaban Jogja istimewa yang lebih sejahtera.

“Oleh sebab itu, malam ini saya merasakan kesan yang memberikan kebanggaan tersendiri, karena ajang pameran ini sejatinya adalah penghargaan bagi insan-insan mandiri yang kreatif,” ungkap Sri Sultan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Hilmar Farid dalam sambutannya menyatakan, para undagi bisa tumbuh subur karena berada di tengah-tengah masyarakat yang terbuka mencintai serta menghargai keberagaman kreativitas dan inovasi. Ia pun menambahkan, dirinya tidak pernah memiliki keraguan, karya-karya kreatif Indonesia bisa merajai dunia, bahkan sudah teruji.

“Tetapi yang perlu diperkuat adalah organisasi dan kerjasama diantara berbagai unsur yang melaksanakan, dan pameran ini menjadi satu langkah yang sangat penting,” paparnya.

Dalam acara pembukaan UNDAGI#2 ini juga menampilkan tari tradisional, fashion show empat desainer asal Yogyakarta yakni Novi, Yessi, Phillip, dan Isyanto, serta penampilan musik orkestra. Pameran Besar Seni Kriya UNDAGI#2 sendiri dapat dikunjungi pada 9-13 Mei 2018, di Taman Budaya Yogyakarta. Acara ini terbuka untuk umum dan pengunjung tidak dipungut biaya. (Nd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: