11 Jan 2021

Wagub DIY Akan Jadi Orang Pertama Terima Vaksin Di DIY

Yogyakarta 11/01/2021 (jogjaprov.go.id)- Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin di DIY. Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaning Astutie menjelaskan selain Wagub DIY, beberapa tokoh masyarakat juga sudah menyampaikan kesediaannya untuk menjadi penerima vaksin antara lain Wakil Ketua Penggerak PKK DIY GKBRAyA Paku Alam , Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, tokoh organisasi keagamaan, organisasi profesi, perwakilan kejaksaan dan Kapolda DIY.

"Kami bersyukur, para tokoh ini bersedia. Sehingga bisa menjadi motivasi bagi tenaga kesehatan yang akan mendapat vaksinasi tahap berikutnya," terangnya usai mendampingi Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X melakukan video conference Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Menkes RI  di Pare Anom, yang dihadiri pula oleh Kalaksa BPBD DIY, Biwara Yuswantana, pada Senin (11/1).

Pembajun menjelaskan dalam video conference tersebut Menteri Kesehatan RI mengecek kesiapan dan teknis pelaksanaan vaksinasi di daerah. Vaksinasi di daerah direncanakan digelar 14-15 Januari 2021. "Setelah vaksinasi pertama oleh Presiden RI yang dilaksanakan pada 13 Januari 2021, baru kemudian dilaksanakan di daerah," imbuhnya.

Semula vaksinasi pertama di DIY akan dilaksanakan di Bangsal Kepatihan dengan tujuan memberikan kepastian kepada warga masyarakat bahwa Pemerintah Daerah DIY concern terhadap vaksinasi Covid-19. Namun, berdasar arahan dari Menteri Kesehatan RI vaksinasi sebaiknya dilakukan di fasilitas kesehatan seperti RSUD. "Tujuannya agar memotivasi para tenaga kesehatan dalam menerima vaksin tahap pertama," pungkasnya.

Ia menambahkan untuk vaksinasi di DIY tetap mengikuti syarat ketentuan yang berlaku seperti syarat usia penerima vaksin yaitu 18-59 tahun dan penerima belum pernah confirm Covid-19. (in)

Bagaimana kualitas berita ini: