15 Sep 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

Wagub DIY Dukung Pelaksanaan Kemah Pemuda-pemudi Tuli Tingkat DIY

Yogyakarta (15/09/2022) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X memberikan dukungan agenda pertama Perkemahan Pemuda-pemudi Tunarungu Tingkat DIY yang digelar 18-22 Desember 2022 di Kaliurang, Sleman. Sri Paduka berharap, perkemahan tersebut dapat menjadi benchmarking atau awal yang baik sebelum Jogja bertindak sebagai tuan rumah Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli Internasional ke-11 Tingkat Asia Tahun 2024. 

Hal tersebut disampaikan Sri Paduka kepada Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli DIY Guruh Hizbullah Alim dan Bendahara Kegiatan Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli se-DIY Kadek Sri Kermawaty, Kamis (15/09) siang di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Sri Paduka turut menyampaikan bahwa ide untuk melaksanakan perkemahan khusus tersebut sangatlah bagus. “Setiap kegiatan harus kita coba, panitia daerah harus latihan menangani, mengatur, dan melayani tamu dengan baik. Diawali dari kedatangan di bandara hingga ketika di lokasi. Melayani saudara kita yang berkebutuhan khusus itu juga tidak mudah. Jogja harus menjadi tuan rumah yang baik,” jelas Sri Paduka. 

Sri Paduka menyampaikan, terkait dukungan dana, panitia bersangkutan diharap segera mengirimkan surat permohonan resmi kepada Gubernur dan Dinas Sosial DIY sebagai unit pelaksana teknis yang terkait dengan rencana kegiatan.

“Silakan disampaikan latar belakang beserta surat sebagai bahan pertimbangan Bapak Gubernur, karena hak prerogatif dalam penggunaan dana taktis itu ada di Gubernur,” jelas Sri Paduka. Hal tersebut disampaikan mengingat segala jenis pembiayaan kegiatan di lingkup Pemda DIY sejatinya harus dilakukan minimal satu tahun sebelum penyelenggaraan kegiatan. 

Lebih lanjut, Sri Paduka menyebut bahwa pelaksanaan perkemahan di bulan Desember 2022 sudah masuk musim hujan. “Perlu dipikirkan segala antisipasinya, musim hujan penanganannya tentu akan berbeda. Bukannya kami kemudian mengesampingkan atau membedakan, namun tentunya teman-teman semua memiliki perhatian khusus,” imbuh Sri Paduka. 

Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli Tingkat DIY Guruh Hizbullah Alim, berharap Pemerintah Daerah DIY memberikan dukungan terkait operasional kegiatan dari mulai persiapan hingga pelaksanaan. 

Alim, sapaannya, menyebut bahwa selain meminta bantuan dan dukungan dari Pemda DIY, ia bersama tim juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak salah satunya panitia Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli Tingkat Internasional yang pernah dilaksanakan di Sukabumi tahun 2008. Tak hanya itu, ia bersama tim akan berkoordinasi dengan beberapa teman tuli yang juga pernah mengikuti kegiatan perkemahan di tingkat mancanegara.

Ia menuturkan bahwa Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli se-DIY mendatang menjadi sarana untuk melihat kesiapan timnya dalam mempersiapkan ajang besar di tahun 2024. “Ini sebagai uji coba untuk bisa melihat persiapan dan pelaksanaan apa saja yang harus dilakukan,” jelasnya. Alim menyebut bahwa Perkemahan Pemuda-pemudi Tuli ini akan melibatkan sekitar 25-30 orang teman tunarungu di wilayah DIY. “Namun jika jumlah tersebut belum dapat dicapai, pendaftaran juga akan dibuka di wilayah sekitar DIY seperti Klaten dan Magelang,” urainya. 

Alim berkata bahwa pihaknya segera akan membuat surat resmi kepada Gubernur DIY sesuai dengan arahan Sri Paduka. “Kita juga sangat mengapresiasi bahwa ternyata beliau mendukung kegiatan teman-teman tuli. Harapannya, ke depan, pemerintah (daerah) bisa mendukung kegiatan apapun yang dilakukan teman-teman tuli.”

Alim berharap, pelaksanaan perkemahan ini menjadi sarana bagi teman-teman tuli untuk yakin dan terus berusaha untuk memiliki kemampuan setara dengan teman-teman dengar. “Bisa menyebarkan pentingnya bahasa isyarat untuk teman-teman dengar dan percaya bahwa kita semua bisa,” tutupnya. [vin/ad/ag]

 

HUMAS DIY 



Bagaimana kualitas berita ini: