27 Mei 2021
  Humas Berita,

Wagub DIY Hadiri Pembukaan Rakornas Wasin 2021

Yogyakarta (27/05/2021) Jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, didampingi Sekretaris Inspektorat DIY, Yudi Ismono, S.Sos., M.Acc., dan Kabag. Rekayasa Perekonomian, Biro Adm. Perekonomian dan SDA Setda DIY, Dra. Deden Rokhanawati, mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas Wasin) Tahun 2021. Wagub DIY mengikuti Rakornas Wasin 2021, Kamis (27/05) secara daring di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Tahun 2021 adalah momentum untuk pulih dan bangkit dari pandemi covid-19. APBN dan APBD menjadi instrumen penting dan harus diselenggarakan secara efektif. Hal ini menjadi tanggung jawab manajemen dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Rakornas kali ini, merupakan komitmen bersama dalam menyelaraskan strategi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pengawasan intern dengan pengawasan yang lebih baik. Diharapkan, belanja bisa lebih efektif dan percepatan pemulihan ekonomi dapat tercapai.

“Peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan; menjamin tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya tujuan program, menjamin tercapainya tujuan belanja anggaran secara akuntabel, efektif, dan efisien mengikuti prosedur,” tegas Jokowi saat memberikan arahan.

Ia tidak akan memberikan toleransi sedikitpun terhadap adanya penyelewengan anggaran, disaat semuanya bekerja keras untuk mempercepat pemulihan kesehatan dan pemulihan ekonomi.

Tahun 2021 adalah tahun percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah menyediakan dana operasional hampir 700 triliun. Dana itu harus direalisasikan secara cepat dan tepat sasaran agar ekonomi bisa bangkit kembali. Jokowi meminta kepada BPKP dan APIP untuk selalu mengawal dan memberikan perhatian terhadap percepatan belanja pemerintah, termasuk mencari lambatnya realisasi belanja, memberikan solusi, serta menawarkan jalan keluar untuk menangani masalah.

Efektivitas pengawasan intern membutuhkan komitmen dan manajemen yang baik karena itu semua rekomendasi dari hasil pengawasan BPKP dan APIP harus ditindaklanjuti.

Sekretaris Inspektorat DIY, Yudi Ismono usai mengikuti pembukaan Rakornas Wasin 2021 di Gedhong Pare Anom  menyampaikan, percepatan ekonomi nasional harus didukung dengan perencanaan yang baik, realisasi anggaran yang tepat serta memperhatikan apa yang menjadi rekomendasi aparat pengawasan internal pemerintah.

“Oleh karena itu, kita bersama-sama akan mencoba untuk melakukan sinkronisasi untuk mengawal pemulihan ekonomi nasional  ini, khususnya di DIY dengan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih baik lagi. Saya rasa itu yang akan kami jadikan sebuah program pengawasan khusus dalam rangka pemulihan nasional di DIY,” jelasnya.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala BPKP RI, M. Yusuf Ateh. "Agar program pemerintah dapat berjalan efektif, baik untuk penanganan covid-19, pemulihan ekonomi maupun program strategis pemerintah lainnya, maka program kegiatan dan belanja pemerintah harus dirancang dengan baik.  Jelas akan hasil atau dampaknya, dan jelas ukuran keberhasilannya," ungkapnya.

Kebijakan dan program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah harus singkron dan selaras. Data yang akurat, valid, dan dikelola dengan baik akan mempermudah penyusunan kebijakan dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi hingga pelaporan.

Kesuksesan program pemerintah tidak lepas dari kesigapan untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan solusi sesegera mungkin. Dalam hal inilah, BPKP bersama APIP hadir dan berperan aktif untuk mengawal implementasi program-program pemerintah.

BPKP juga telah merancang  dan sedang melaksanakan evaluasi perencanaan dan penganggaran pada pemerintah pusat dan daerah, dengan tujuan memperbaiki prioritas belanja agar fokus pada kegiatan yang betul-betul memiliki dampak pada masyarakat.

“Kami juga siap mengawal peningkatan kualitas dan integrasi basis data guna mendorong ketepatan dan kecepatan delivery program pemerintah melalui optimalisasi laboratorium yang telah kami kembangkan,” jelas Ateh mengakhiri laporannya.

Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021 dibuka di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat oleh Presiden RI dengan mengangkat tema Kawal Efektivitas Belanja Pulihkan Ekonomi. (fk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: