25 Mar 2018
  Humas Berita,

Wagub DIY Lepas Pesepeda Tour de Jogja

Sleman (25/03/2018) jogjajaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X melepas keberangkatan sekaligus dimulainya kegiatan Tour de Jogja, pada Minggu (25/03) pagi di Kompleks Candi Prambanan. Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Wakil Gubernur DIY.

Meski sempat diguyur hujan sejak menit-menit jelang start, para pesepeda yang jumlah diperkirakan 1.122 orang dari seluruh Indonesia ini tetap tampak bersemangat. Tour de Jogja sendiri merupakan kegiatan milik Kementerian Pariwisata RI dengan pelaksananya ialah Dinas Pariwisata DIY. Saat audiensi dengan Wakil Gubernur DIY sebelum pelaksanaan acara, panitia telah mendapat masukan.

“Saya harap unsur-unsur budaya juga diselipkan dalam kegiatan ini, silahkan berkomunikasi dengan Dinas Kebudayaan DIY untuk bekerja sama. Serta, perhatikan peserta dengan baik, karena mereka tidak hanya dari Jogja saja. Selain itu, usahakan untuk tidak menganggu lajur jalan raya agar tidak menimbulkan kemacetan,” ujar Sri Paduka.

Tour de Jogja merupakan event sepeda berkonsep Long Distance Cycling dengan mengusung tema ‘Get a bike, get a life’. Rute yang dipilih melintasi seluruh kabupaten yang ada di Yogyakarta dengan harapan dapat merangkul seluruh elemen masyarakat. Pada event Tour de Jogja kali ini, penyelenggara juga mengedepankan perpaduan sport tourism.

Kepala Dinas Pariwiata DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si mengatakan, kegiatan Tour de Jogja 2018 ini memang baru pertama kalinya diselenggarakan. Untuk itu, pihaknya masih mencoba merintis kegiatan ini bisa berkembang menjadi kegiatan berskala internasional di tahun-tahun selanjutnya.

“Rute yang ditempuh para pesepeda mencapai 110km. Konsep kegiatan ini pada intinya dengan bersepeda selain kita bisa berolahraga, sekaligus bisa menikmati destinasi wisata yang dilewati dalam gelaran Tour de Jogja ini,” imbuh Kepala Dinas Pariwisata DIY.

Para pesepeda melewati berbagai landmark ikonik yang ada di DIY, serta spot-spot pilihan yang menampilkan gimmick kejutan untuk menambah semangat para pesepeda. Selain berkonsep Long Distance Cycling, pada event ini juga disertakan konsep Race 7 yakni kategori race bagi peserta pesepeda yang berminat. Konsep race tersebut adalah up hill challenge atau lebih dikenal sebagai King of Mountain sejauh 7km. Kategori ini dilaksanakan terpisah, dimulai dari Pasar Kenteng, Nanggulan sampai Gua Kiskendo. Peserta diajak merasakan sensansi tanjakan khas perbukitan Menoreh. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: