12 Jun 2024
  Humas DIY Berita,

Wagub DIY Menerima Audiensi Dandim Gunungkidul

Yogyakarta (12/06/2024) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menerima audiensi Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf. Roni Hermawan, pada Rabu (12/06). Adapun maksud dan tujuan audiensi ini adalah dalam rangka silaturahmi dan melaksanakan perkenalan. 

“Selamat menjalankan tugas ditempat yang baru, semoga amanah dan sukses. saya titip warga kami di Gunungkidul” ungkap Sri Paduka pada pertemuan yang dilaksanakan di Gedhong Pareanom, Kompleks Kepatihan ini. 

Ditemui seusai kunjungan, Roni Hermawan menyampaikan “Niat audiensi telah direncanakan sejak lama, namun berkaitan dengan banyaknya kesibukan, kami baru sempet sowan hari ini,” jelasnya. Dikatakanya, per-Maret 2024 dirinya mendapat amanah untuk menjabat sebagai Dandim Gunungkidul. Sedangkan serah terima jabatan dengan pejabat yang lama, yakni Letkol Kav Anton Wahyudo, telah dilaksanakan pada awal bulan Juni lalu.  

“Tadi kami sowan kepada Kanjeng Gusti, kami sampaikan bahwa kami pejabat yang baru, kemudian saat ini kami masih fokus untuk kegiatan internal Kodim, termasuk membantu Pemda dalam hal ini Pemkab Gunungkidul untuk mengatasi kesulitan masyarakat Gunungkidul, terutama masalah air,” tuturnya.

Lebih lanjut Roni mengatakn, pada permasalahan air di Gunungkidul, pihaknya sementara ini masih membantu Kementerian Pertahanan dalam hal ini Unhan (Universitas Pertahanan) untuk menurunkan timnya langsung ke lapangan. “Saat ini sedang dilaksanakan pengecekan, wilayah mana yang memiliki sumber air di dalam tanah,” ungkapnya.

Beberapa waktu yang lalu (03/06) Menteri Pertahanan telah melaksanakan peninjauan ke daerah Playen terkait bantuan air bersih yang digunakan untuk lahan pertanian. Selain melakukan peninjauan wilayah, Menhan juga memberikan tugas tambahan untuk pengecekan 15 titik yang ada di daerah Gunungkidul. Selain dimanfaatkan untuk keperluan air bersih pada masyarakat juga difokuskan untuk pertanian.

“Karena dulu kan Gunungkidul terkenal daerahnya kurang air, tapi alhamdulillah sampai detik ini, tadi saya sebelum kesini juga melaksanakan peninjauan terkait dengan masalah lahan pertanian dan untuk masalah air sudah banyak sekali perubahan di daerah Gunungkidul,” kata Roni.

Roni yang sebelumnya bertugas pada Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad dan menjabat sebagai Kasiminintel Sintel, Malang, Jawa Timur memiliki harapan, bahwa kelak ia dapat menjalankan amanah dengan baik. Bisa berguna dan membantu masyarakat, membantu Pemda serta Pemkab Gunungkidul. Terutama menjaga warga Gunungkidul. Dikatakan olehnya, per-Maret 2024 dirinya mendapat kepercayaan amanah untuk menjabat sebagai Dandim Gunungkidul.

Turut hadir mendampingi Letkol Inf Roni Hermawan, Danramil 03/Patuk Lettu Arh. Tedi Wiratmoko, Pj. Pasi Intel Kodim 0730/Gunungkidul Lettu Inf. Sumardi, Lettu Inf Imran dan Unit Intel, Lettu Inf. Nanang Primanto Pj Pasilog Kodim 0730/Gunungkidul. (Ft/Rch)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: