16 Agt 2018
  Humas Berita,

Wagub DIY Terima Penghargaan Lencana Darma Bakti

Yogyakarta (16/8/2018) jogjaprov.go.id -- Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DIY.  Penyerahan dilakukan oleh Ketua Kwarda Pramuka DIY GKR Mangkubumi di Pareanom, Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (16/8) pagi.

“Lencana ini merupakan penghargaan untuk Bapak Wagub DIY atas kontribusinya kepada Pramuka.  Kanjeng Gusti Paku Alam X sudah satu tahun menjadi Wakil Majelis Pembimbing Daerah (Mabida). Beliau kan sudah sejak sekolah memang aktif di kepramukaan,” tutur GKR Mangkubumi didampingi Suryo Aji (Sekretaris) dan Mulyono.

Lencana Darma Bakti merupakan penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran dan fasilitas yang cukup besar sehingga sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Seusai menerima lencana, Wagub DIY berbincang santai dengan GKR Mangkubumi.  Banyak hal didiskusikan.  ''Pramuka itu sangat penting, dan efek positifnya terasa sampai sekarang. Waktu kami dilantik di Istana Negara Jakarta ada pejabat menyangka saya dari militer, katanya karena cara baris-berbarisnya beda, mirip militer. Ini hasil dari aktif di Pramuka. Kedisplinan, baris-berbaris kan juga diajarkan (di Pramuka),'' ungkap Wagub DIY.

Sesaat sebelum meninggalkan Parenanom, GKR Mangkubumi menyampaikan harapannya kepada instansi di lingkungan Pemda DIY untuk terus memberikan perhatian dan support  kepada Gerakan Pramuka.  ''Kita memohon Kanjeng Gusti terus men-support agar Gerakan Pramuka di DIY bisa semakin solid, semakin berkembang, dan keaktifannya bisa nyata,” ujarnya.

Menurut GKR Mangkubumi, Gerakan Pramuka tidak bisa dipisahkan dari peran pemerintah sebagai Mabida dalam mendukung pelaksanaan program-program Kwarda. “Kami juga tentunya ikut mendorong keaktifan OPD untuk bersama-sama melaksanakan program di Kwarda tentunya, karena kan dinas adalah Mabida kita,” sambungnya.

Suryo Aji menambahkan Wagub DIY sangat memperhatikan kepramukaan. Salah satunya terkait Saka Bakti Husada, yaitu kegiatan Pramuka yang mewadahi pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

''Beliau tadi konsen sekali terhadap Saka Husada. Dan kami sependapat. Saka Bakti Husada dapat mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya. Misalnya terkait jajanan sekolah yang sehat, dll,'' urai Aji. (*/rc/rsp)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: