29 Des 2011
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Buka Buka Rapat Evaluasi Penanggulangan HIV/AIDS

Wagub Paku Alam IX Buka Buka Rapat Evaluasi Penanggulangan HIV/AIDS

KEPATIHAN YOGYAKARTA (29/12/2011) pemda-diy.go.id Selama tahun 2011 ini, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi DIY sudah menjalankan berbagai program kerja untuk mengurangi peningkatan pengidap HIV/AIDS. Namun demikian ada program yang sudah terealisir dan mungkin ada pula program yang menemui hambatan sehingga belum terealisir.

Karenanya dalam kesempatan evaluasi penanggulangan AIDS di Provinsi DIY diharapkan inventarisasi masalah yang muncul dan mungkin akan dihadapi perlu dilakukan dalam rangka penanggulangan HIV/AIDS di DIY sekaligus untuk mencari solusinya, kataWagub DIY Paku Alam IX saat membuka evaluasi penanggulangan HIV/AIDS tahun 2011, di Gedhong Pare Anom, Kepatihan Yogyakarta, Kamis (29/12).

Dikemukakan, penanggulangan HIV/AIDS tidak bisa diselesaikan oleh KPA Provinsi DIY sendirian, namun perlu adanya kerjasama dengan melibatkan semua elemen masyarakat, baik dari unsur pemerintah, LSM, swasta maupun masyarakat sendiri utamanya para penderita AIDS, agar berperan aktif dalam upaya penaggulangan AIDS.

Untuk tahun-tahun mendatang KPA hendaknya semakin merangkul masyarakat dengan membuat program yang berbasis pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan bisa mengembangkan sistem pertahanan bagi lingkungannya dalam melawan penyebarluasan HIV/AIDS, tandas Wagub Paku Alam IX.

Dalam kegiatan evaluasi yang dipimpin Ketua KPA DIY, Drs. Riswanto, MSi, dikemukakan juga bahwa di tahun 2012 nanti Panti Sosial Parmadi Putra Yogyakarta akan dilaunching menjadi shelter bagi pengidap HIV/AIDS untuk Provinsi DIY, sehingga nantinya ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dapat mengaksesnya. (teb/rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: