30 Okt 2012
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Lantik 29 Pejabat Eselon III Dan IV

Wagub Paku Alam IX Lantik 29 Pejabat Eselon III Dan IV

 

KEPATIHAN YOGYAKARTA (30/10/2012) pemda-diy.go.id Parameter utama untuk menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab kepada bangsa dan negara .

Penegasan tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub DIY Paku Alam IX ketika melantik dan mengambil sumpah jabatan 29 Pejabat Struktural Eselon III dan IV dilingkungan Pemerintah DIY siang tadi (Selasa,30/10) di Bangsal Kepatihan,Yogyakarta.

Menurut Gubernur DIY pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum.

Untuk itulah tandas Gubernur DIY, pelantikan ini hendaknya dapat menjadi satu pemicu peningkatan kinerja dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat, dan dapat menggerakkan roda pemerintahan serta melaksanakan pembangunan yang menjadi tanggungjawab kita bersama.

Adapun ke 29 pejabat structural Eselon III dan IV yang dilantik tersebut terdiri 12 orang menduduki Jabatan Eselon IIIa, 8 diantaranya promosi jabatan, selebihnya mutasi/pindah. Sementara 17 pejabat struktural lainnya menduduki jabatan Eselon IVa mutasi atau pindah jabatan.

Dua puluh sembilan pejabat Eselon III dan IV yang dilantik Wakil Gubernur atas nama Gubernur DIY tersebut 19 orang beragama Islam, 5 orang beragama Katholik, 2 orang bergama Kristen Protestan dan 1 orang lainnya beragama Hindu.

Dibagian lain dalam pelantikan tersebut Gubernur DIY menyatakan bahwa pelantikan ini merupakan momentum awal yang diberikan bagi perkembangan institusi. Karena dengan pelantikan ini para pejabat yang dilantik memperoleh kesempatan untuik melakukan aktualisasi diri dengan mengusahakan peningkatan prestasi yang optimal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab pada jabatan baru, sesuai kemampuan dan potensi diri. Sebab hanya dengan menempatkan figure yang tepat dan posisi yang tepat pula, kualitas kerja dan pelayanan prima kepada masyarakat dapat tercapai secara optimal.

Oleh karena itu sebagai pemimpin harus dapat mengarahkan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pada unit kerja masing-masing, meningkatkan mutu pengawasan dan pengendalian program yang sedang dilaksanakan, kreatif dalam menjamin tercaopainya sasaran kerja secara berdayaguna dan berhasil guna, sekligus dapat memberikan contoh suritauladan dan dukuingan motivasi kepada bawahan dengan baik dan bijaksana.

Kepada pejabat yang baru saja dilantik Gubernur DIY mengharapkan untuk segera bersama-sama membangun sinergi dan kerjasama yang lebih kuat dan harmonis, sekaligus memacu pemikiran dan ide-ide baru untuk merspon dan memecahkan berbagai persoalan serta tantangan baru yang mungkin terjadi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah bagi 29 pejabat structural eselon III dan IV ditandai dengan penandatangan berita acara sumpah secara simbolis, untuk yang beragama Islam diwakili oleh Drs.Eko Darmanto,M.Si, Agama Katholik diwakili oleh Dra.Maria Sri Kaskantini, Agama Kristen Protestan oleh Dra. Rediatini Warjaning Jatmi dan Agama Hindu diwakili olej I Gusti Ngurah Mahendra Diputra dan disaksikan oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

Hadir dalam pelantikan Pejabat Struktural Eselon III dan IV selain para Asisten Setda DIY juga pejabat Perwakilan BAKN Yogyakarta serta tamu undangan. (Kar)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: