27 Des 2011
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Resmikan Gedung UPK Kecamatan Imogiri

 

Wagub Paku Alam IX Resmikan Gedung UPK Kecamatan Imogiri

Wagub DIY Paku Alam IX meresmikan Gedung Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Pangudi Murih Raharjo Pamoer Mandiri di komplek Kecamatan ImogiriBANTUL (27/12/2011) pemda-diy.go.id Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX meresmikan Gedung Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Pangudi Murih Raharjo Pamoer Mandiri Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Mandiri Pedesaan, di komplek Kecamatan Imogiri, Kabupatenn Bantul, Selasa (27/12).

Menurut Ketua Pengurus Badan Koordinasi Antar Desa Kecamatan Imogiri, Mardiyanto, pembangunan gedung di mulai sejak 28 Juni sampai 16 Desember 2011, menelan biaya sekitar Rp. 282,4 juta berasal dari dana surplus simpan pinjam. UPK Kecamatan Imogiri saat ini mempunyai aset sebesar Rp. 3,476 milyar, menangani 190 kelompok masyarakat dengan total pemanfaat 2.321 orang yang meliputi 8 desa dengan kelancaran 99 persen. Dengan bentuk pengembangan potensi ekonomi masyarakat melalui pinjaman lunak Simpan Pinjam khusus perempuan, terang Mardiyanto.

Selain simpan pinjam lanjutnya, juga melakukan investasi jangka panjang dengan program peningkatan kualitas hidup melalui pendidikan dan kesehatan, serta program pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan boga bagi kelompok ibu-ibu di desa Wukirsari dan Selopamioro, beasiswa SLTA kurang/tidak mampu di desa Kabonagung, pemberian sembako di desa Karangtengah, Wukirsari dan Sriharjo, bantuan peralatan sekolah di desa Karangtalun dan Girirejo serta MCK Lanteng I di Selopamioro.

Sementara itu Wagub DIY Paku Alam IX dalam sambutannya mengemukakan, program PNPM Mandiri dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2007 dan merupakan program binaan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Desa Departemen Dalam Negeri. Program ini menyediakan fasilitas pemberdayaan masyarakat, kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan dan bantuan langsung untuk masyarakat. Dengan pembiayaan dari alokasi APBN, APBD dan hibah dari lembaga pemberi bantuan yang berada di bawah koordinasi Bank Dunia.

Melalui program ini masyarakat dilibatkan secara aktif, mulai dari proses pengambilan keputusan, pembangunan, pelaksanaan dan pemeliharaan, katanya.

Ditambahkan Wagub,di DIY sendiri untuk tahun 2011 alokasi dana bagi 8 desa di Kecamatan Imogiri mencapai Rp. 450 juta, Rp. 360 juta diantaranya berasal dari APBN. Setelah empat tahun dicanangkan ternyata berhasil dan membantu mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di pedesaan sekaligus terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karenanya ia mengucapkan selamat dan terimakasih serta memberikan apresiatif atas dukungan serta partisipatif masyarakat khususnya kaum perempuan atas terbangunnya gedung ini.

Keberadaan UPK ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat, harap Wagub.

Dalam kesempatan yang dihadiri Wakil Bupati Bantul, Drs.H. Sumarno PRS, sejumlah pejabat Pemkab Bantul serta warga masyarakat setempat, juga diserahkan hadiah bagi Kelompok Tertib Administrasi, Kelancaran Angsuran Baik, Pertumbuhan Modal Baik, Kelompok Berprestasi lainnya serta bantuan peralatan sekolah. (ali/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: