09 Mei 2022
  Humas DIY Berita,

Wakil Gubernur DIY Hadiri Rapat Kerja Nasional APPSI Tahun 2022 di Bali

Bali (09/05/2022) jogjaprov.go.id - Bertempat di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta, Bali, Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional Tahun 2022. Diikuti oleh perwakilan dari seluruh pemerintah provinsi se-Indonesia, rapat kerja kali ini mengusung tema “Meningkatkan Peran Pemerintah Daerah Provinsi untuk Kesinambungan Pembangunan”.

Acara diawali dengan sambutan dari Anies Rasyid Baswedan, Ph.D selaku Ketua APPSI. Gubernur DKI Jakarta tersebut menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional APPSI tahun 2022 akan membahas berbagai materi untuk kepentingan internal dan eksternal APPSI, antara lain untuk menetapkan Program Kerja APPSI tahun 2022 dan menghasilkan rekomendasi APPSI untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat sebagai masukan atas berbagai kebijakan untuk meningkatkan pelaksanaan pemerintahan, otonomi daerah dan pembangunan di daerah. Dalam kesempatan ini, Anies mengapresiasi respon cepat Presiden dan Wakil Presiden RI atas berbagai aspirasi yang disampaikan kepala daerah melalui berbagai forum konsultasi. Di akhir sambutannya, Anies menyatakan bahwa  kesejahteraan rakyat bisa  diwujudkan secara lebih cepat jika seluruh jajaran pemerintahan dari Pusat sampai Daerah berkomitmen penuh untuk menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing dengan optimal.

Di kesempatan selanjutnya, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin mengawali sambutannya dengan menekankan pentingnya orientasi pembangunan masa depan dengan mendorong kegiatan ekonomi non-ekstraktif, ramah lingkungan, dan melibatkan partisipasi seluruh warga negara. Selain itu, Wakil Presiden juga menekankan pentingnya strategi dan misi pembangunan kolaboratif. Ke depan, tantangan yang dihadapi oleh pemerintah daerah harus disikapi dengan peningkatan kemampuan menerjemahkan visi ke dalam tujuan yang jelas, keberanian mengambil risiko dan melakukan inovasi, mendinamisasi birokrasi, menerapkan strategi penganggaran yang fokus kepada hasil, dan menjalin kemitraan yang efektif antara sektor publik dan swasta. 

Selain itu, Wakil Presiden juga menyampaikan 5 (lima) pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah yang terdiri atas penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan sebagai upaya pemulihan ekonomi, peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah, menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, menunjukkan komitmen keberpihakan terhadap UMKM, dan terakhir, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui Reformasi Birokrasi dan sistem meritokrasi. Mengakhiri sambutannya, Ma'ruf Amin membuka acara Rakernas APPSI 2022 secara simbolis dengan membunyikan Kulkul (kentongan) khas Bali.

Dalam acara rakernas ini, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta diwakili oleh  Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X dan didampingi oleh Asisten Sekretariat Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Sumadi, S.H., M.H., Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral, Anna Rina Herbranti S.T., M.T., Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev., dan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho, SIP., M.Si. (Afn)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: