25 Jun 2022
  Humas DIY Berita,

Wakil Gubernur DIY Saksikan Kirab Taruna AAU

Yogyakarta (25/06/2022) jogjaprov.go.id – Dalam rangka rangkaian kegiatan Penutupan Pendidikan Taruna Tk. IV dan Wisuda Sarjana Akademi Angkatan Udara Tahun 2022, dilaksanakan kirab dan Display Drumband Taruna AAU dengan rute start dari halaman gedung kantor DPRD DIY menuju Titik Nol Kilometer Jogja.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, hadir mewakili Gubernur DIY, bersama para Forkopimda DIY, Wakil Gubernur AAU, Komandan Wing Taruna AAU, dan para Pejabat AAU menyaksikan kirab dan persembahan atraksi dari Unit Drumband AAU yaitu Drumband Gita Dirgantara, pada Sabtu (25/06), bertempat di Titik Nol Kilometer Jogja.

Kirab dan Display Drumband AAU ini merupakan bentuk pamitan dari Calon Perwira Remaja TNI AU kepada masyarakat Yogyakarta yang pada tanggal 14 Juli mendatang akan dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo. Acara diawali dengan penampilan Band AAU, Karawitan AAU diiringi dengan Gamelan Kyai Madyantara pemberian Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk AAU pada HUT TNI AU ke-76, kemudian kirab dan Display Drumband AAU Gita Dirgantara.

Drumband Gita Dirgantara memiliki arti musik yang menggema di udara, merupakan salah satu wujud keterampilan dan kreativitas Taruna AAU untuk menumbuhkan semangat yang tinggi bagi Taruna dalam menyongsong tugas-tugas di masa mendatang.

Tepat, saat berada di hadapan Wakil Gubernur DIY bersama Wakil Gubernur AAU dan pejabat lainnya, Drumband Gita Dirgantara membentuk formasi piramid yang melambangkan olah kekuatan, semangat dan kekompakan para Taruna sehingga siap menerima perintah atasan.

Usai berfoto bersama, Wakil Gubernur DIY beserta para Forkopimda menaiki podium kehormatan, melepas Drumband Gita Dirgantara menuju Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Kemudian acara dilanjutkan dengan pertunjukan Barongsai, kolaborasi antara Taruna AAU dengan Kelompok Barongsai Yogyakarta.

AAU mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pertama perwira sukarela tingkat akademi yang bercirikan prajurit sapta marga, profesional dan memiliki kemampuan akademi potensial dasar matra udara serta berkesemaptaan jasmani untuk menunjang tugas dalam pengabdiannya selaku prajurit TNI AU.

Karena itu, persiapkan diri bagi kaum muda yang berminat untuk mendaftar sebagai calon Taruna AAU, bekali diri dengan kesehatan jasmani, fisik yang sehat dan kuat, disertai kemampuan akademik dan sikap yang baik.

Turut memeriahkan acara, perwakilan Drumband dari masing-masing empat kabupaten dan satu kota di DIY. (fk/sd/jhn)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: