20 Des 2018
  Humas Berita,

Wagub DIY Serahkan Penghargaan Relawan PMI

Yogyakarta (20/12/18) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X didampingi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DIY Drs H GBPH Prabukusumo SPsi menyerahkan Penghargaan kepada Relawan PMI DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (20/12).

“Hari ini terasa membanggakan karena merupakan momentum penghargaan bagi relawan yang penuh rasa simpati dan empati yang mengabdikan diri bagi sesama demi kemanusiaan. Kita layak menghargai mereka ini yang bekerja dalam sunyi dan mengabdi hanya karena tanggung jawab dan panggilan jiwa serta rasa cinta dan dorongan naluri,” kata Sri Paduka ketika membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY. 

Pada usianya yang ke-73 tahun ini PMI mengusung tema “Kesiapsiagaan Relawan PMI Dalam Menghadapi Bencana” dan “Semangat Kepahlawanan Relawan PMI”.  Melalui tema ini dan sesuai dengan salah satu prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, PMI ingin memotivasi masyarakat untuk terus melakukan aksi-aksi kemanusiaan dengan semangat netralitas tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan dan pandangan politik.

GBPH Prabukusumo menyebut penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap relawan yang telah mengabdikan diri secara tulus dan ikhlas untuk kemanusiaan.  ''Betapa pentingnya keberadaan relawan.  Dengan kerelawanan kita dapat menggerakkan partisipasi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat untuk tujuan kemanusiaan. Relawan adalah jantung dari gerakan Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah Internasional,'' kata Prabukusumo.

Penerima penghargaan berjumlah 86 orang dengan kategori Pendonor Darah Sukarela 75 kali  sebanyak 15 orang, pendonor 50 kali sebanyak 56 orang, 3 orang mantan pengurus, 5 orang pengurus, Korps Suka Rela (KSR) sebanyak 4 orang dan Tenaga Suka Rela (TSR) 3 orang. (*/sr)

HUMAS DIY

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: