25 Apr 2018
  Humas Berita,

Wakil Gubernur DIY Terkesan Dengan Koleksi Pesawat Angkut TNI AU

Yogyakarta (24/04/2018) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X tampak terkesan melihat empat koleksi pesawat angkut TNI AU saat menghadiri peresmian koleksi baru Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Selasa (24/04) siang.

Empat koleksi pesawat tersebut diantaranya C-130 Hercules, Fokker 27 TS, II Yusin II-14 Avia dan F-4 Hawker Hunter yang merupakan pesawat legenda dan 36 buah engine dari pesawat latih, helikopter, angkut, dan tempur resmi telah tersimpan di Museum Engine R. Ahmad Imanullah yang berada di kompleks Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala.

“Di museum inilah merupakan tempat paling tepat untuk mengabadikan sejumlah dokumen-dokumen penting tentang perjalanan TNI AU dalam pengabdiannya dari zaman dahulu hingga sekarang. Rencananya, pimpinan TNI AU khususnya AAU Angkatan 86 akan bertahap melengkapi koleksi pesawat terbang yang pernah digunakan TNI AU dalam berbagai operasi dalam mengamankan NKRI,” ucap Dankohamatau Marsda TNI Dento Priyono selaku ketua pelaksana peresmian.

Lebih lanjut, Kepal Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M mengatakan, empat koleksi pesawat baru tersebut memberian kontribusi yang sangat besar dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI. “Perjuangan memindahkan keempat pesawat merupakan upaya melestarikan bagian sejarah dan merupakan wujud cinta tanah air. Semoga dapat memberikan manfaat bagi insan AU, dan generasi penerus  dalam meningkatkan kualitas pengabdian,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Dede Nasrudin menyampaikan, seluruh koleksi yang telah tersimpan di Museum Dirgantara Mandala menjadi dokumen penting dari fakta sejarah para TNI AU berjuang menegakkan kedaulatan NKRI. “Oleh karena itu, kepada generasi penerus bangsa agar bisa mengetahui semangat juang pengabdian para pendahulu TNI AU,” ucap Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara. (Rk)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: