10 Nov 2011
  Humas Berita,

Wantimpres Bidang Hubungan Antar Agama Kunker Ke DIY

Wantimpres Bidang Hubungan Antar Agama Kunker Ke DIY

 

Untuk Dapatkan Informasi, Lakukan Pengamatan Langsung Tentang Dinamika Kerukunan Umat Beragama

KEPATIHAN YOGYAKARTA (09/11/2011) pemda-diy.go.id
Kemajemukan masyarakat DIY baik masyarakat lokal maupun pendatang, menjadikan komposisi masyarakat yang beragam. Berbagai etnis, budaya, karakter dan agama dapat dijumpai pada masyarakat di DIY. Hal tersebut selain menjadi keunikan juga merupakan tantangan yang harus dihadapi pemerintah DIY dalam hal tindakan preventif terhadap kemungkinan yang dapat mengancam kerukunan umat beragama.

Demikian dikemukakan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui Wakil Gubernur Paku Alam IX, pada kunjungan kerja dan Rapat Terbatas Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Bidang Hubungan Antar Agama dengan instansi terkait Pemprov DIY, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), di Gedhong Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, Rabu (09/11).

Dikatakan, tugas penting yang diemban para pemimpin agama adalah mensosialisasikan semangat persaudaraan lintas iman dalam bingkai pluralisme keagamaan. Maka penyampaian dakwah dan misi ke depan harus memberikan porsi yang memadai bagi tumbuhnya sikap toleransi antar umat beragama, serta diarahkan untuk mencapai saling pengertian dan toleransi beragama dalam kehidupan keagamaan yang berbeda-beda.

Karena itu dialog antar agama memiliki peranan yang besar sebagai fasilitator komunikasi umat beragama untuk memberikan pengakuan arti pentingnya agama dan kewajiban memeluk agama, serta menjalankan ritual keagamaan bagi setiap individu, papar Sultan.

Sultan berharap, kunjungan kerja sekaligus rapat terbatas anggota Wabtimpres Bidang Hubungan Antar Agama ini, kedepannya mampu memberikan masukan positif bagi kemajemukan masyarakat DIY untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kerukunan hidup antar umat beragama.

Sementara KH. Maruf Amin selaku pimpinan rombongan dan anggota Wantimpres Bidang Hubungan Antar Agama mengemukakan, sesuai dengan tugas pokok yang diembannya yakni memberikan pokok-pokok pikiran terkait dengan masalah keagamaan, kunjungan kerja rombongan Wantimpres bertujuan untuk mendapatkan informasi sekaligus melakukan pengamatan secara langsung tentang dinamika kerukunan umat beragama, juga tentang keberadaan dan efektivitas FKUB di Provinsi DIY.

Kedatangan kami menyelenggaran rapat terbatas dan dialog ini, karena kami berkeinginan untuk bisa mendapatkan informasi, melakukan pengamatan secara langsung tentang dinamika kerukunan umat beragama, juga tentang keberadaan dan efektivitas FKUB di Provinsi DIY, terangnya.

Tingkat kerukunan umat beragama saat ini, peran pemerintah dan tokoh agama untuk mewujudkan kerukunan, sejauh mana konflik bernuansa agama di daerah lain berpengaruh terhadap kondisi kerukunan di DIY, serta keadaan moral (akhlak) masyarakat DIY dan pengaruh agama terhadap pembinaan moral, termasuk masalah yang dialogkan Wantimpres. (rsd)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: