11 Jan 2023
  Humas DIY Berita,

Wingday Sekbang AAU - 101 Luluskan 32 Orang Penerbang Muda

Yogyakarta (11/01/2023) jogjaprov.go.id - Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menghadiri Upacara Wingday Sekbang AAU - 101 pada Rabu (11/01) di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Kehadiran Sri Paduka bertujuan untuk memberikan semangat, apresiasi dan selamat kepada para sekolah Penerbang TNI AU Angkatan ke-101 dan Sekolah Penerbang PTTA Angkatan ke-4.

Tercatat, Pendidikan Sekolah Penerbang (Sekbang) meluluskan 32 orang Penerbang, terdiri dari 31 orang Penerbang Pria dan 1 orang Penerbang Wara. Tiga puluh dua elang muda ini secara resmi dinyatakan siap dan mampu mengabdikan diri menjaga angkasa milik Indonesia.

Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fajar Prasetyo pada kesempatan tersebut mengungkapkan lulus pada sekolah penerbang merupakan sebuah prestasi yang luar biasa sebagai pengawal dirgantara.  Wingday adalah momentum awal pengabdian seiring tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks. Mereka menurut KASAU harus terus mengasah dan mempersiapkan diri dengan semakin baik.

Di sisi lain, menjadi seorang penerbang Angkatan Udara berarti harus siap menghadapi berbagai konsekuensi profesi pengabdian. Utamanya, tuntutan untuk menjadi penerbang profesional yang mampu memenuhi berbagai kualifikasi ilmu dan kemampuan adalah salah satu dari konsekuensi, sekaligus tantangan.

“Berbanggalah, kami sebagai senior juga bangga menyaksikan pelantikan ini, seraya Wing Penerbang dan Wing PTTA disematkan di dada. Namun para perwira juga harus ingat, upacara Wingday ini bukanlah akhir. Justru ini adalah gerbang awal pengabdian,” kata KASAU Fajar.

KASAU Fajar menambahkan, para penerbang harus selalu memegang teguh prinsip airmanship yang telah ditanamkan. Prinsip tersebut, seterusnya harus menjadi landasan bertindak di setiap jenjang karier dan penugasan. Menjadi perwira penerbang yang profesional dan berkomitmen kepada tugas yang dibebankan adalah hal mutlak. Dengan begitu, ketika negeri ini membutuhkan pengabdian terbaik, maka para perwira mampu mempersembahkan hal tersebut.

“Jagalah kehormatan sebagai perwira. Jati diri seorang Perwira sebagai patriot dan pemimpin, adalah pada karakter dan keteladanannya, untuk menjadi inspirasi, dimanapun dan pada kondisi apapun juga,” ujar KASAU Fajar.

Lebih lanjut, KASAU mengatakan, ke depan TNI Angkatan Udara akan dilengkapi dengan berbagai alutsista modern mulai dari jet tempur generasi terbaru hingga pesawat nir-awak berteknologi tinggi. Maka para penerbang muda inilah yang nantinya akan mengawaki alutsista tersebut untuk menjaga angkasa bumi pertiwi.

KASAU Fajar memberikan apresiasi setinggi-tinggi pula pada para komandan, instruktur, teknisi, tenaga pendidik, seluruh staf dari jajaran Kodiklatau terutama Lanud Adisutjipto, Lanud

Suryadarma, dan Lanud Supadio. Keberhasilan pendidikan Sekolah Penerbang dan Sekolah Penerbang PTTA ini, tidak terlepas dari kerja keras dan segenap upaya para pihak-pihak ini.

“Kepada para orang tua dan keluarga wisudawan, saya juga menyampaikan rasa turut bahagia dan selamat, atas keberhasilan putra-putrinya dalam menempuh pendidikan hingga dilantik sebagai penerbang andal, penjaga tanah air dan angkasa Indonesia,” tuturnya.

Secara khusus, KASAU memberikan apresiasi kepada Letda Pb. Muhammad Ervin Adamy, S.Tr (Han), sebagai Wisudawan Terbaik Jurusan Fixed Wing. Juga Letda Pnb. Arbiansyah Muhammad Rasyed, S.Tr (Han), sebagai Wisudawan Terbaik Jurusan Rotary Wing. Terakhir kepada Letda Pnb. Alwi Surya Muhammad S.Tr.(Han), sebagai Wisudawan Terbaik PTTA.

Veronica Cornelia Saragih Sidabutar salah satu penerbang yang diwisuda mengungkapkan rasa syukurnya atas kelulusan tersebut. Bukan hal mudah untuk bisa sampai pada titik ini. Namun Veronica tetap gigih, mewujudkan cita-citanya.

“Perjalanan tidaklah mudah tapi saya yakin pada ketetapan Tuhan. Suka dukanya banyak sekali, di awal merasa ada rasa takut juga. Namun seiring berjalannya waktu dengan pembelajaran dan semangat yang diberikan dari keluarga dan instruktur membuat saya berani dan semakin semangat untuk menjalani latihan penerbangan,” tutur putri bungsu dari Menari Saragih ini.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum PIA Ardhya Garini, Ibu Inong Fadiar Prasetyo, Kapolda DIY, Komandan Korem 072/Pamungkas, Komandan Lanal DIY, Danlanud Adisutjipto, Gubernur AAU, jajaran Forkopimda Daerah Istimewa Yogyakarta, Komandan Sesko TNI, Panglima Koopsudnas, dan Komandan Kodiklatau. (uk/ts/aa)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: