14 Agt 2012
  Humas Berita,

Yogyakarta Siap Sambut Pemudik

Yogyakarta Siap Sambut Pemudik

 

Sultan Minta : Pos-pos Pelayanan Masyarakat 24 Jam selama lebaran selain diinformasikan kepada masyarakat luas juga disosialisasikan. YOGYAKARTA, (13/08/2012) pemda-diy.go.id. Dalam upaya pemerintah memberikan rasa aman baik dari gangguan Kamtibmas selama menjelang, merayakan dan paska Lebaran, Perjalanan Mudik datang dan perdi dari Kota Yogyakarta jajaran Polda DIY selain mengerahkan 2.528 personilnya juga di bantu aparat TNI berjumlah 240 personil, Pramuka dan unsur unsur keamanan lainnya (mitra Kamtibmas ) di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 


Demikian disampaikan Kapolda DIY Brigjen Polisi Drs. Sabar Rahardjo pada jumpa Pernya dengan pada Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi DIY yang di pimpin langsung Gubernur DIY Sri Sultan HB X , yang dihadiri Wakil gubernur DIY Paku Alam IX, Ketua DPRD DIY H.Yoeke Indra Agung Laksana.SE, bupati dan Walikota se Provinsi DIY siang tadi (Senin, 13/08) di Gedung Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta.

Lebih lanjut Kapolda DIY Sabar Raharjo mengatakan bahwa dari 2.528 personil Polri tersebut tersebar di 10 rawan kecelakaan, kemacetan di DIY 28 Pos Cam dan untuk membantu petugas telah dipasang 15 titik CCTV, serta personil personil Polsek setempat tersebut berlaku selama 16 hari ( 9 hari sebelum/menjelang lebaran dan 6 hari paska lebaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan.Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY Ir. Tjipto Hari Wibowo dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa Prediksi jumlah penumpang tahun 2012 ini diperkirakan akan meningkat jika dibanding tahun lalu. Prediksinya untuk angkutan jalan Tahun 2012 ini diperkirakan berjumlah 559 .775 sementara tahun lalu hanya 538.226/ naik 4 persen, Untuk angkutan pesawat udarapun juga meningkat 1,9 persen bila tahun 2011 berjumlah hanya 84.474, naik menjadi prediksi 86.163. Sedangkan untuk angkutan Kereta Api akan mengalami penurunan 8,8 persen dari 158.062 menjadi 144.082 orang.

Adapun kesiapan armada angkut sendiri lanjut Tjipto Hari Wibowo Kereta api 34 rangkaian, Prameks 5 rangkaian dan dari keduanya berkemampuan 60.000 penumpang. Untuk angkutan pesawat terbang berjumlah 60 pesawat serta 5 pesawat Extra flight, dan angkutan darat 446 Bus AKAP, 674 angkutan AKAP,630 bus angkutan pariwisata, 200 armada dari Travel dan 200 dari Damri.

Prediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 1433 H ini akan terjadi pada hari Jumat dan Sabtu(17, 18/08) dan yang perlu mendapatkan perhatian para pemudik adalah daerah-daerah rawan macet.

Untuk Kesehatan menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY dr. Sarminto.M.Kes dari 163 Puskesmas yang ada di Provinsi DIY selama menyambut Hari Raya Idul Fitri 1433 H 67 Puskesmas diantaranya buka selama 24 jam, bahkan untuk Kabupaten Sleman sebanyak 25 Puskesmas siap melayani masyarakat selama 24 jam.

Sejalan dengan kesiapan menyambut Idhul Fitri 1433 H jajaran pemerintah Provinsi DIY, Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam kesempatan rapat Koordinasi dengan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah minta agar Puskesmas, SPBU, Rumah Sakit untuk buka selama 24 jam itu diinformasikan kepada masyarakat baik bagi masyarakat Yogyakarta sendiri maupun masyarakat dari luar DIY ketika berkunjung di Yogyakarta, sehingga ketika mereka membutuhkan, dia terlayani dengan baik. Untuk itu Sultan menghimbau media baik radio, Koran maupun Televisi bisa kiranya mengimformasikan hal itu setiap hari selama menyambut Hari Raya Idhul Fitri di Yogyakarta tersebut.

Selain itu juga Gubernur DIY menghimbau pada masyarakat, ketika merayakan Idhul Fitri untuk tetap waspada baik dalam perjalanan, meninggalkan rumah, terutama bagi anak-anak kos jangan meninggalkan barang-barang berharga di ruang kos, alangkah baiknya dititipkan pada induk kos/bapak kos selama di tinggal mudik.

Usai rapat koordinasi dengan segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se Provinsi DIY dilanjutkan dengan Jumpa Pers dengan para Wartawan Unit Kepatihan Yogyakarta yang dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY Ir.Tjipto.Hari Wiboro. (Kar/rsd)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: