26 Jun 2022
  Humas DIY

Yogyakarta Simphony Orkestra Sajikan Musik Klasik Ringan untuk Milenial

Yogyakarta (26/06/2022) jogjaprov.go.id - Yogyakarta Simphony Orkestra (YSO) sukses digelar di Museum Benteng Vredeburg Gondomanan, Kota Yogyakarta pada Minggu (26/6) sore. Sejak pukul 14.30 WIB penonton mulai berdatangan di lokasi. Pentas musik ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo. Turut hadir bersama beliau perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di DIY, Direktur Bank BPD DIY,  Kepala Taman Budaya Yogyakarta, dan GIPI DIY.

YSO sudah tertunda selama dua tahun karena pandemi. Konser yang turut didanai oleh Dana Keistimewaan ini akhirnya berhasil digelar pada tahun 2022. Tetap dengan protokol kesehatan yang harus dipatuhi penonton dan semua panitia. “Terima kasih atas partisipasinya, apresiasinya karena ini adalah YSO officially perform yang pertama. Saya yakin sudah lama ditungu-tunggu. Semenjak 2020 sebenarnya kita rencanakan YSO, tapi karena pandemi baru kita laksanakan sekarang,” terang Singgih dalam sambutannya.

Yogyakarta Simphony Orkestra adalah sebuah orkestra pop yang menyajikan berbagai varian musik yang dikemas secara apik dan profesional. Symphony Orchestra sendiri adalah orkes standar sejak abad ke-15 untuk memainkan karya simfoni.YSO tidak asing lagi bagi warga Yogyakarta karena sudah sering menghibur masyarakat bersama berbagai musisi lokal maupun nasional.

Meskipun musik orkestra tampak berat untuk sebagian masyarakat, YSO mengemas musik orkestra sehingga bisa cocok dinikmati siapa saja, terutama generasi milennial. “YSO akan selalu menghadirkan musik klasik yang tidak terlalu berat, easy listening. Memang kemudian targetnya milenial. Selamat menikmati, acara ini akan terus kami laksanakan ke depannya,” ujar Singgih.

Pertunjukan dimulai dengan penampilan YSO yang membawakan Blue Danube. Waltz yang ditulis oleh komposer Austria Johann Strauss II untuk paduan suara pada tahun 1866. Karya ini menjadi salah satu karya terkenal dalam repertoar musik barat klasik. Dilanjutkan alunan Air Bach dari komposer legendaris dunia J. S. Bach. Dua symphony yang membuat suasana sore semakin syahdu.

Gelaran konser YSO semakin meriah dipandu MC Alit Jabang Bayi dan Mukti Gimmick. Terdapat 10 tenant yang terdiri dari tenant makanan dan tenant merch. Penonton bisa menikmati musik bersama sajian kuliner dari para tenant. Selama acara berlangsung, beberapa kali hujan mengguyur venue. Namun penonton tetap antusias menikmati acara hingga selesai. Deretan musisi yang turut memeriahkan acara adalah Sandy Newdays, Win Yovina, Dony Saputro, Roy Jeconiah, Pusakata. Penampilan Pusakata menjadi penutup rangkaian YSO 2022. Membawakan lagu Menuju Senja, Dunia Batas, Pejamkan Matamu, Ruang Tunggu dan ditutup dengan Akad. (Wd/HT)

 

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: