Festival Jogjakarta Tempo Doeloe “Riuh Eksotika Pelataran”

Tanggal Rilis :
Jumat, 11 Agustus 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
Okta
Lokasi :
Museum Vandebrug Yk

YOGYAKARTA (10/08/2017) – jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X meresmikan Pembukaan Festival Jogjakarta Tempo Doeloe di Benteng Vredeburg pada Kamis (10/08). Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut mengusung tema “Riuh Eksotika Pelataran”.

Wakil Gubernur DIY menyampaikan apresiasi tertingggi atas terselenggaranya festival tersebut.  Diharapkan Festival Jogjakarta Tempoe Doeloe sebagai bentuk upaya bersama dalam rangka pelestarian dan perlindungan warisan dan cagar budaya bangsa.

Lebih lanjut, nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia perlu dilestarikan guna memperkukuh jati diri bangsa, meningkatkan kualitas hidup, memperkuat kepribadian bangsa dan kebanggaan nasional, mempertinggi harkat dan maratabat bangsa, memperkuat ikatan rasa kesatuan dan kesatuan demi terwujudnya cita-cita bangsa pada masa depan yaitu mencapai kesejahteraan masyarakat.

Disamping itu pameran Jogjakarta tempoe dulu juga menampilkan makanan khas tempoe dulu, yang bisa dibeli oleh para pengunjung dengan menggunakan uang koin dan uang kertas yang dibuat oleh patnitia, serta memamerkan benda benda tempoe dulu seperti, keris, batik motif jaman dulu ,topeng dll.

Sejalan dengan hal tersebut Festival Jogjakarta Tempoe Doeloe menghadirkan perjalanan sejarah Jogja dan kehidupan masa lalu di 6 kawasan cagar budaya seperti Malioboro, Pakualaman, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kotabaru, Kotagede  dan Imogiri melalui berbagai media.

Penyelenggaraan festival dilaksanakan pada tanggal 10-14 Agustus 2017 dengan jam operasional pukul 09.00-21.00 WIB di Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Adapun rangkain acara Festival Jogjakarta Tempoe Doeloe yaitu sebagai berikut :

1.     Pameran 6 kawasan cagar budaya dan kuliner

2.     Lomba yang berkaitan dengan Jogja Tempoe Doeloe

3.     Sarasehan, pentas seni dan pawai sepeda lawasan yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus pada pukul 06.00 WIB.

 

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pameran Jogjakarta Tempoe dulu tidak dipungut biaya (gratis).(erl/ans)

HUMAS DIY

 

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN