Wagub DIY Buka Rakor APKASI Wilayah DIY

Tanggal Rilis :
Kamis, 10 Agustus 2017
Penulis Artikel :
Sukarmi
Fotografer :
nanas
Lokasi :
HOTEL ROS IN YK

Bantul (10/08/2017) – jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Paku Alam X membuka Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Wilayah DIY pada Kamis (10/08) bertempat di Ros In Hotel, Bantul, Yogyakarta.

Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan apresiasi tertinggi dan menyambut baik pelaksanaan Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Wilayah DIY.  Hasil rapat diharapkan menghasilkan kesepahaman bersama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mampu memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, menciptakan iklim kondusif dalam penyelenggaraan kerjasama antar kabupaten, serta mampu memanfaatkan peluang nasional, regional dan global.

Lebih lanjut, setidaknya terdapat dua hal yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah agar membawa kemajuan bagi masyarakat yaitu, peningkatan kadar kepekaan dan tanggap terhadap aspirasi masyarakat, serta melibatkan segenap kemauan dan kemampuan yang dimiliki masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Dua elemen antara pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung dan menciptakan  sinergi baik pemerintahan di tingkat Provinsi maupun di Kabupaten.

Selain itu, berkaitan dengan program dana desa. Pemerintah kabupaten hendaknya bersinergi dengan pemerintah desa dalam menyusun regulasi terkait pencairan dana desa. Penggunaan dana desa memerlukan pengawasan dari berbagai pihak diantaranya Satgas Dana Desa, NGO, media, dan pihak lain terkait. Pengawasan tersebut dilakukan agar penggunaan dana desa bisa tepat sasaran sehingga mampu mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan potensi desa terutama pada sektor pertanian, perikanan dan UMKM.

Drs. H. Suharsono, selaku Bupati Bantul menyampaikan bahwa APKASI memiliki tugas penting yang bertujuan meningkatkan peran otonomi daerah di tingkat kabupaten agar berjalan baik, memiliki semangat yang tinggi dalam membangun daerah dan sebagai mitra strategis antara pemerintah puat dengan dengan pemerintah kabupaten.

Rapat Koordinasi juga dihadiri Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc selaku Wakil Ketua Umum APKASI Pusat sekaligus Bupati Trenggalek . (eln).

HUMAS DIY

 

KOMENTAR

Belum ada komentar dalam artikel ini

Anda Harus Login untuk memberikan komentar

LOGIN USER | DAFTAR BARU

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Pemerintah Daerah DIY dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Pemerintah Daerah DIY akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

FILTER & PENCARIAN