04 Des 2020
  Humas DIY Budaya dan Pariwisata,

Museum Sonobudoyo

http://www.sonobudoyo.com

Berbagai koleksi benda bersejarah yang mengandung nilai-nilai budaya Jogja dapat disaksikan di Museum Sonobudoyo yang beralamat di Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo dapat dikunjungi pada hari :

Selasa - Kamis 08.00 – 15.30 WIB
Jumat 08.00 – 14.00 WIB
Sabtu & Minggu          08.00 – 15.30 WIB

Senin dan hari besar atau libur nasional tutup 

 

Pagelaran Wayang diselenggarakan pada hari

Senin - Sabtu              20.00 – 22.00 WIB

Minggu dan hari besar atau libur nasional tutup

 

Harga tiket masuk :

Dewasa Perorangan Rp. 3.000,-
Dewasa Rombongan Rp. 2.500,-
Anak–anak Perorangan Rp. 2.500,-
Anak–anak Rombongan          Rp. 2.000,-
Wisatawan Asing Rp. 5.000,-
Pagelaran Wayang Rp. 20.000,-

 

Museum Sonobudoyo memiliki beberapa ruang pameran, yaitu :

  1. Ruang Wayang 

    Memamerkan berbagai koleksi wayang yang berfungsisebagai media penyebaran agama, maupun wayang yang mengandung nilai-nilai ajaran kehidupan. Dariruang ini, pengunjung dapat mempelajari berbagai jenis wayang, asal-usul dan sejarah dunia pewayangan.

  2. Ruang Senjata 

    Memamerkan koleksi senjata dengan beragam bentukdan fungsi. Beberapa koleksi senjata terlihat unik,memiliki ragam hias menarik; senjata-senjata tersebut berupa keris, tombak, patrem, kapak, wedhung,clurit, dan sebagainya.

  3. Ruang Topeng 

    Memamerkan berbagai topeng karya seni tradisionalIndonesia, baik topeng sebagai sarana upacaramaupun seni pertunjukan. Sejak zaman prasejarahhingga kini, topeng dihadirkan dalam hubungannya dengan kehidupan sosial-budaya berbagai suku di Indonesia.

  4. Ruang Batik 

    Memamerkan benda - benda koleksi yang berkaitandengan batik, baik yang menyangkut bahan, peralatan, proses pembuatan, jenis - jenis batik dan motifnya, maupun catatan mengenai wilayah penyebaran dan pusat - pusat industri batik.

  5. Ruang Ukir

    Memamerkan berbagai macam perlengkapan daur hidup, disamping berbagai hasil kerajinan kayu, perak dan logam lainnya.

  6. Ruang Logam

    Memamerkan berbagai hasil kerajinan yang terbuat dari logam, baik koleksi berbentuk perhiasan maupun berupa peralatan rumah tangga dan peralatan pentas seni tradisional.

  7. Ruang Mainan

    Memamerkan peralatan permainan tradisional anak - anak Jawa. Terdapat juga beberapa foto/gambar mengenai permainan anak-anak yang pernah populer di tanah Jawa.

  8. Ruang Prasejarah

    Memamerkan koleksi benda - benda peninggalan masaprasejarah (nirlikha), masa orang belum mengenaltulisan. Benda - benda koleksi di ruang ini berkaiatandengan cara hidup manusia pada zaman prasejarah;yaitu berburu dan mengumpulkan/meramu makanan. Tahap selanjutnya manusia mulai mengenal cara bercocok tanam secara sederhana dan melakukan upacara - upacara berkaitan dengan kepercayaan terhadap roh nenek moyang dan penguburan.

  9. Ruang Bali

    Memamerkan benda-benda koleksi yang berkaitan dengan adat, seni budaya masyarakat Bali dan hal - hal yang berkaitan dengan penyebaran agama Hindu.

Bagaimana kualitas berita ini: