27 Sep 2023
  Humas DIY Berita,

3 Hari Digelar, FKY Datangkan 15.000 Pengunjung

Yogyakarta (27/09/2023) jogjaprov.go.id – Melambungkan sesuatu yang sering dilakukan atau kebersamaan. Demikian arti Kembul Mumbul yang menjadi tema FKY 2023, yang digelar di Kulon Progo.

Menjelajah kuliner dan budaya lokal Kulon Progo, menurut Manajer Program Publik FKY 2023, Rosanto Bima Pratama, acara tahun ini menjadi lebih menantang. Biasanya memang FKY di gelar di Kota Yogyakarta, namun mulai tahun ini, pihaknya bersepakat untuk menggelar FKY secara bergilir di kabupaten/kota DIY.

“Antusias masyarakat sangat luarbiasa meskipun kita gelar di Kulon Progo. Ini baru hari ketiga, namun pengunjung sudah menyentuh angka 15.000 orang pengunjung,” kata Bima dalam penjelasannya pada Talkshow FKY, Rabu (27/09) di RB TV, Sleman.

Bekerjasama dengan Forum Bisnis Kulon Progo, FKY tahun ini menggelar kuliner baik tradisional maupun modern di Pasar Raya. Ada pula sajian musik di Menoreh, pagelaran teater di TBY dan penutupan di Krido Sono. Pun ada banyak kiriman kesenian dari Dinas Kebudayaan dari kabupaten/kota yang juga turut memeriahkan.

“Ada yang luar biasa, yaitu saat opening ada ribuan penari. Dan itu disaksikan langsung oleh Bapak Gubernur. Kita berikan banyak suguhan, ada dawet sambel, geblek renteng, dan lainnya di Pawon Mumbul. Dengan resep otenik,” kata Bima.

Sebelumnya, Pasar Raya hanya terspusat menjadi 1 lokasi, namun saat ini dibagi 2. Ada venue juga di Alun-alun Wates, ada pameran di gedung kesenian Kulon Progo, kemudian banyak instalasi seni di waduk sermo, dan Alun-alun Wates.

Pada tanggal 1 Oktober akan ada masak bersama, FKY juga membuka kompetisi mural. Banyak sekali event menarik pada FKY tahun ini yang tahun ini digelar. Bima berharap hal ini akan memberikan manfaat dari segala aspek, baik budaya, seni, pariwisata, hingga perekonomian. (uk)

Humas Pemda DIY

 

 

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: