14 Feb 2019

DIY-Suriname Siap Kembangkan Potensi Kerja Sama

Yogyakarta (14/02/2019) Jogjaprov.go.id – Adanya kedekatan sejarah dan budaya membuat hubungan antara Indonesia dengan Suriname semakin erat. Salah satu faktor penyebab kedekatan tersebut adalah 14% penduduk Suriname adalah keturunan Jawa. Latar belakang ini membuat Indonesia berinisiasi untuk mengembangkan kerja sama dengan lebih baik, seperti mengembangkan kerja sama yang telah terjalin antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Suriname.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Suriname, Julang Pujianto, saat melakukan audiensi dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X Kamis (14/2) pagi ini di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta. Dengan didampingi Sekda DIY,  Ir. Gatot Saptadi, audiensi ini merupakan bentuk permohonan restu atas rencana keberangkatan Julang ke Suriname.

Seperti diketahui, Yogyakarta dan distrik Commewijne di Suriname telah menjalin kerja sama melalui program Sister City. Program ini merupakan hubungan kerja sama jangka panjang antara dua kota dalam dua negara yang berbeda melalui budaya, pendidikan, bisnis, dan teknis. Adapun program ini telah berjalan sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Yogyakarta dengan Distrik Commewijne pada tahun 2011.

Menyinggung soal budaya, Sultan menyatakan akan memberikan dukungan melalui Dinas Kebudayaan DIY untuk mempersiapkan materi yang berkaitan dengan budaya Jawa. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa di Suriname.

“Bapak Gubernur sangat mendukung kegiatan kami, dan beliau juga memberikan masukan-masukan dalam konteks perdagangan. Suriname diharapkan dapat menjadi tempat di mana produk-produk Indonesia dapat disalurkan ke negara-negara sekitar,” ujar Julang.

Selain menerima kunjungan tersebut, pada hari ini Gubernur DIY juga menerima audiensi dari Gunawan Sumodiningrat dan rombongan Rumah Kebangkitan Indonesia. Kunjungan tersebut dilakukan dengan tujuan mempererat silaturahmi. Di akhir kunjungan, Sultan menerima cinderamata berupa beberapa buku dan tak lupa mengabadikan momen bersama. (*/sr/vna)

Bagaimana kualitas berita ini: