01 Mar 2019

World Kidney Day 2019 Bertema Kidney Health for Everyone and Everywhere

Yogyakarta (01/03/2019) jogjaprov.go.id - World Kidney Day kembali diselenggarakan pada tanggal (14/03/2019) yang bertempat di RS Dr. Sardjito. Untuk tahun ini tema yang diangkat yaitu “Kidney Health for Everyone and Everywhere”. Untuk mengingatkan kepada masyarakat betapa pentingnya kesehatan pada ginjal.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia World Kidney Day 2019, dr. Heru Prasanto, Sp.PD-KGH usai bertemu dengan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X. Jumat (01/03) di Gedhong Pare Anom, Kepatihan, Yogyakarta.

Berkaitan dengan tema Hari Ginjal Sedunia yaitu untuk promotif preventif, dalam artian bagi orang yang belum sakit ginjal atau yang sudah menjalani pengobatan, agar mencapai kualitas hidup yang baik. Terdapat pilihan-pilihan untuk mengatasi penyakit ginjal itu. Juga mengedukasi masyarakat agar lebih memperhatikan dan memelihara kesehatan ginjal.

Hari Ginjal Sedunia menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya yang dilaksanakan pada minggu kedua di bulan Maret. Acara kali ini akan mengedukasi masyarakat terkait pengobatan cangkok ginjal yang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh RS Dr.Sardjito.

Dalam perayaan Hari Ginjal Sedunia 2019 terdapat beberapa rangkaian acara, yaitu pada (10/03) Masyarakat Talkshow di Jogja City Mall (JCM), Puncak Acara (14/03) Edukasi kepada petugas-petugas pusat  hemodialis di RS Dr. Sardjito, dan (17/03) bergabung dengan acara Sardjito Fair, terdapat stand untuk informasi dan pelayanan khusus kesehatan ginjal.

“Acara ini untuk meningkatkan awareness atau kepedulian dari masyarakat untuk menjaga kesehatan pada ginjal”, ungkap Heru.

Ditambahkan oleh Kepala Koordinator Wilayah Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr. Iri Kuswadi, Sp.PD-KGH,

“Mengedukasi masyarakat terkait penyakit-penyakit yang dapat menyerang ginjal, sehingga masyarakat dapat mencegah terjadinya penyakit ginjal”, ungkap Kuswadi.

Dalam pertemuan kali ini, Heru memohon doa restu dan juga mengundang Wakil Gubernur DIY untuk hadir dalam puncak acara World Kidney Day.

Sementara itu Wakil Gubernur DIY sangat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. “Transplantasi atau cangkok ginjal adalah penanganan paripurna ketika hemodialisasi harus dilakukan, karena sebenarnya lebih menghemat biaya, juga lebih berkualitas jika melakukan cangkok ginjal”, ungkap Sri Paduka. (*/ph).

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: