02 Mei 2019

DIY Siap Menjalin Sister Province dengan Plovdiv Bulgaria

YOGYAKARTA (02/05/2019) jogjaprov.go.id - Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas menerima kunjungan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Bulgaria Merangkap Albania dan Makedonia, HE Sri Astari Rasjid pada Selasa (01/05/2019). Pertemuan yang berlangsung di Kraton Kilen, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut membahas rencana tindak lanjut tentang program sister province antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Plovdiv, Bulgaria.

"Banyak sekali kesamaan antara kedua daerah tersebut, di bidang kebudayaan Plovdiv sedang menjadi European Cultural Capital 2019. Di bidang pariwisata Plovdiv juga merupakan destinasi yang populer di Eropa, Jogja juga sama", ungkap Sri Astari Rasjid. Selain kedua bidang tersebut, Sri Astari Rasjid juga menuturkan bahwa di bidang pendidikan, Universitas di Plovdiv juga dikenal cukup baik, sama seperti Jogja. "Saya rasa beberapa hal tersebut yang membuat kedua belah pihak baik Gubernur Provinsi Plovdiv dan Gubernur DIY bisa saling bekerjasama dalam hal tersebut", imbuh Dubes Sri Astari Rasjid.

Untuk mengawal proses kerjasama ini, Dubes Sri Astari Rasjid menyatakan akan segera menindaklanjuti bersama Kementerian Luar Negeri RI dan Bulgaria. Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Drs. Arief Hidayat, Gubernur DIY menyambut baik rencana ini. Pelaksanaan tindak lanjut berikutnya sebenarnya bisa dipercepat, tetapi kemungkinan awal tahun depan baru akan dijalankan secara lebih terperinci bersama dengan program sister province yang lain seperti kerjasama dengan Krakow, Polandia. (alh)

Bagaimana kualitas berita ini: