22 Mei 2019

Wagub: Para Pelajar Butuh Kegiatan Positif nan Asyik

Yogyakarta (22/05/2019) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X berharap pelajar saat ini bisa lebih banyak membuat dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif tapi tetap asyik. Menurut Wagub DIY, para pelajar tidak hanya harus selalu belajar.

Hal ini diungkapkan Sri Paduka saat menerima kunjungan Forum Komunikasi Pelajar Pecinta Alam DIY (FKPPA DIY) di Gedhong Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu (22/05). Sri Paduka menuturkan, para pelajar butuh banyak kegiatan untuk memuaskan hasrat ingin tampil, sekaligus menjadi ajang pengayakan kemampuan.

“Pelajar itu memang tugas dan tanggung jawabnya adalah belajar, tapi hidup tidak hanya belajar saja. Kalau belajar terus, kapan dholan-nya. Dholan itu juga penting sebagai upaya pembentukan karakter,” ujar Sri Paduka.

Sri Paduka menjelaskan, pelajar atau pemuda sekarang ini yang arahnya ke radikalisme lebih dikarenakan mereka tidak punya saluran, berupa kegiatan yang muda dan perkasa. Padahal secara kejiwaan, pemuda juga membutuh eksistensi, utamanya di usia-usia pencarian jati diri.

“Karena itu saya selalu berpesan ke adik-adik pelajar, ayo buatlah berbagai kegiatan yang positif. Dan kalau buat kegiatan itu, kalau bisa ya yang asyik, yang sesuai dengan era kalian. Dengan berkegiatan, kita jadi bisa mengekspresikan diri sesuai dengan kelebihan masing-masing,” paparnya.

Dikatakan Sri Paduka, kegiatan yang diselenggarakan juga haruslah konkret. Kegiatan yang dilakukan bisa dijadikan kegiatan santai yang bisa tetap enjoy dilakukan. “Kegiatan-kegiatan yang digelar kalau bisa 75% enjoy, jadi 25% saja mikirnya, yang penting berkarya secara nyata,” imbuh Sri Paduka.

Sementara itu, perwakilan Forum Komunikasi Pengurus OSIS DIY Jendra Setya Pitoyo mengatakan, kedatangan mereka bertemu dengan Wakil Gubernur DIy ialah untuk meminta Sri Paduka menjadi narasumber dalam dialog kebangsaan yang akan diadakan pada Kamis (22/05) besok. Kegiatan dialog wawasan kebangsaan ini digelar sebagai kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Kegiatan ini digelar oleh gabungan beberapa forum pelajar. Peserta dialog ini nantinya juga para pelajar se-DIY. Lokasi penyelenggaraannya di aula Di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Kegiatan kami yang mengangkat tema ‘Bersatu untuk Berprestasi’ ini digelar juga karena keprihatinan kami terkait cukup banyaknya keterlibatan pelajar dan pemuda Indonesia yang terlibat tindakan radikalisme dan kekerasan,”jelasnya.

Siswa kelas XII SMA Negeri 7 Yogyakarta ini juga mengungkapkan beberapa organisasi pelajar yang terlibat dalam penyelenggaraan acar, yakni Organisasi Pelajar Pecinta Alam yang ada di wilayah DIY baik tingkat SMU/SMK/MA sederajat, Forum Komunikasi Pengurus OSIS DIY, Forum Rohis DIY, Putih Abu Abu community, dan komunitas-komunitas generasi muda terkait lainnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: