23 Mei 2019
  Humas Berita,

Keteladanan Pemimpin Menunaikan Zakat

Yogyakarta (23/05/2019) - Jogjaprov.go.id -  Wakil Gubernur (Wagub) DIY, KGPAA Paku Alam X secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada perwakilan para mustahiq (penerima zakat) pada acara yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-DIY, di Bangsal Kepatihan, yang dihadiri oleh jajaran Forkopimda, para pimpinan instansi dan unsur terkait, pada Kamis (23/05).

Pada acara yang mengusung tema Keteladanan Pemimpin Menunaikan Zakat, Pemberdayaan 1000 Mustahiq, dalam sambutannya Wagub menyampaikan himbauan untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat, sesuai dengan tujuan utama dari konsep zakat, yaitu untuk memerangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Zakat memiliki potensi ekonomi yang besar bagi bangsa kita. Pengelolaan zakat yang belum ditangani secara optimal akan menyebabkan potensi zakat yang cukup besar masih belum bisa di realisasikan. Untuk itu diperlukan peran pemerintah untuk mewujudkan manajemen zakat secara optimal” jelas wagub.

Dalam kesempatan itu pula, wakil gubernur secara langsung melaksanakan pembayaran zakat mal (harta) pada amil (petugas penerima zakat) yang menyediakan pelayanan ditempat yang sama, diikuti oleh para pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Ketua Baznas DIY, Dr.H. Bambang Sutiyoso, S.H.,M.Hum menyampaikan, kegiatan organisasi pengumpul zakat terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tidak hanya itu, sumber daya manusia Badan Amil Zakat Nasional dan Lembaga Amil Zakat juga telah mendapatkan akreditasi syariah serta sertifikasi pengelolaan dan pendistribusian zakat dari lembaga yang berkompeten, dalam hal ini Kementerian Agama dan BNSP.  

Tahun 2018 BAZNAS se-DIY berhasil menghimpun zakat sebesar 18 Milyar 770 juta rupiah. Lalu pada tahun ini, penghimpunan yang dilakukan telah mencapai 14 Milyar 141 juta rupiah, dari bulan Januari sampai dengan April 2019.

“Kepercayaan dan juga dukungan masyarakat, terutama di dalam menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui lembaga amil zakat yang resmi, menjadi suatu kebanggaan bagi kami di dalam pengelolaan zakat. Kami juga berharap dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan” pungkasnya. (Pj/Rk).

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: