10 Jun 2019

Ribuan Warga Kembali Padati Bangsal Kepatihan Hadiri Open House

Yogyakarta (10/06/2019) jogjaprov.go.id - Pelaksanaan open house atau syawalan di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY telah dilaksanakan Senin (10/06) pagi hingga siang hari. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, antusias masyarakat untuk bertemu langsung dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sangat tampak.

Sekretaris Daerah DIY, Ir, Gatot Saptadi ditemui di sela pelaksanaan open house di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan pasca Lebaran di Pemda DIY. Open house menjadi ajang bagi pimpinan daerah DIY untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Silaturahmi dengan masyarakat selalu diawali dengan open house seperti ini. Dan telah kami siapkan di Bangsal Kepatihan kita siapkan sajian untuk 4.000 pengunjung. Ini merupakan rangkaian syawalan, tidak hanya dengan masyarakat umum seperti sekarang ini, nantinya akan dilanjut keliling ke kabupaten/kota, dan syawalan bersama Forkopimda,” ungkapnya.

Dikatakan Gatot, momen open house ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bisa semakin dekat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY beserta ibu, dan begitu pula sebaliknya, agar terjalin komunikasi antara pimpinan daerah dengan warganya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto, S.H., M.Hum., mengungkapkan rasa bangganya dengan terselenggaranya open house dalam suasana yang damai, aman, namun tetap ramai. Ia pun senang melihat antusias masyarakat mengikuti open house, yang baginya menjadi sebuah bukti kuat dukungan masyarakat atas keistimewaan Yogyakarta.

“Tentu harapan ke depan bisa lebih ramai lagi. Apalagi kita ini kan kota pendidikan, kota budaya yang punya keistimewaan. Semoga keistimewaan ini bisa terus ada,” imbuhnya.

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji, S.H., M.Ec.Dev mengatakan, secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan open house tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Diadakan di hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran, open house dibuka bagi seluruh masyarakat/

“Pemda DIY menyiapkan 4.000 porsi makanan, harapannya semua bisa terakomodir. Untuk menu, juga masih sama dengan tahun sebelumnya. Ada soto ayam, mie goreng dan godhog, nasi liwet, aneka jenang, dan teh serta air mineral untuk minumnya,” paparnya.

Karena antusiasnya, warga sudah terlihat mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB. Dan sesuai jadwal, tepat pukul 09.00 WIB kegiatan dimulai.

Putri kedua Gubernur DIY, GKR Condrokirono juga tampak mendampingi sang ayah dalam open house tahun ini. Melihat antusiasme masyarakat yang hadir, GKR Condrokirono mengaku sangat bangga, karena masyarakat ternyata mempunyai rasa untuk menjaga silaturahmi dengan pemerintah. Dirinya berharap, dengan adanya acara ini, Pemda DIY bisa menjalin keakraban dengan masyarakat.

“Keakraban pemerintah dengan masyarakat ini tentu diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, sehingga pemerintah pun akan semakin baik menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat. Saya berharap agar silaturahmi ini selalu terjalin dan bisa dilaksanakan secara turun menurun, saya lihat jumlah masyarakat yang datang pun bertambah banyak,” ujar GKR Condrokirono.

Senada dengan GRK Condrokirono, menantu Gubernur DIY, KPH Purbodiningrat mengaku sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang hadir dan rela berpanas-panasan untuk antre. Tahun ini merupakan kali ke-11 KPH Purbodiningrat mendampingi Sultan Hamengku Buwono X dalam acara yang digelar oleh Pemda DIY tersebut.

Menurutnya, yang membedakan acara tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah jumlah warga dari luar DIY yang datang menurun karena kemungkinan dipengaruhi faktor ujian sekolah. Namun demikian, tetap saja secara keseluruhan jumlah yang datang masih jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Ia pun berharap tahun depan acara ini bisa lebih meriah dan lebih banyak lagi yang datang.

“Untuk tahun depan saya sangat berharap masyarakat yang datang bisa lebih banyak lagi, dan Pemda DIY bisa menjamu dengan lebih baik lagi,” tutup KPH Purbodiningrat. (Rt/Uk) 

HUMAS DIY

Foto-foto Open House Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY di Bangsal Kepatihan pada Senin (10/06) dapat diunduh melalui link berikut:

s.id/openhouse

Bagaimana kualitas berita ini: