12 Jun 2019

Gubernur DIY: Dengan Memaafkan, Kita Memerdekakan Diri

Yogyakarta (11/06/2019) jogjaprov.go.id - “Memaafkan sejatinya dapat memerdekaan diri kita dari rasa  dengki, dendam, dan kekerdilan hati. Sehingga, dengan saling memaafkan, kita dapat terhindar dari rasa amarah dan bisa membuat kita legowo,” ujar Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pernyataan tersebut disampaikan pada sambutan saat menghadiri syawalan bersama para tokoh masyarakat, pejabat daerah, dan pelaku dunia usaha, Selasa (11/06) pukul 20.00-21.30 di Bangsal Kepatihan. Dalam kesempatan tersebut, Sultan hadir dengan didampingi oleh GKR Hemas. Adapun Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X juga turut hadir dengan didampingi oleh GKBRAy. A. Paku Alam. 

Lebih lanjut, Sri Sultan menambahkan bahwa sudah saatnya masyarakat Indonesia, khususnya di DIY, harus mampu untuk tetap menjaga kerukunan, berusaha memahami keberagaman yang ada agar kebersamaan dapat tetap terjaga dengan baik. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto, S.IP dalam sambutannya juga mengamini pernyataan Sultan agar kita senantiasa menjaga kerukunan. "Menjadi manusia yang bertaqwa secara iman, juga harus diimbangi dengan bertaqwa secara sosial, jika keduanya berjalan, kerukunan dapat terjaga dengan baik," ujar Arif. 

Kegiatan syawalan ini juga turut dihadiri oleh anggota Forkopimda, diantaranya Kapolda DIY, Irjen.Pol Ahmad Dofiri beserta istri, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah dan Danlanal Yogyakarta Letkol Mal. Bambang Adriantoro. Hadir pula Prof. Mahfud MD, selaku ketua Paramparapraja, atau tim penasihat pribadi Sultan. Kegiatan dibuka dengan suguhan tarian Hamongraga dan ditutup dengan tarian Beksan Lawung lalu dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Syawalan ini ini merupakan salah satu dari rangkaian agenda syawalan yang digelar oleh Pemda DIY. Setelah usai menggelar Open House di Kepatihan (10/06) dan Syawalan di Kabupaten Sleman (11/06), agenda Syawalan selanjutnya akan digelar di Bantul (13/06), Kota Yogyakarta (17/06), Kulon Progo (19/06), dan Gunungkidul (20/06). Terdapat pula agenda syawalan yang diperuntukkan khusus bagi Abdi Dalem Kaprajan atau Abdi Dalem yang berasal dari TNI, Polri, yang akan digelar pada Senin (24/06). [vin]

 

HUMAS PEMDA DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: