17 Jun 2019

Pemberdayaan Masyarakat di DIY Cermin Filosofi Kepramukaan

Yogyakarta (17/06/2019) jogjaprov.go.id - Para mantan ketua dan pengurus Asia-Pacific Scout Regional atau Regional Pramuka Asia-Pasifik maupun Organisasi Kepanduan Dunia melakukan kunjungan informal ke DIY. Dalam kunjungannya, para pengurus organisasi pramuka ini terkesan dengan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan di DIY.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu DIY, Arief Hidayat usai mendampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan delegasi kepramukaan ini. Pertemuan ini dilakukan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (17/06).

“Sekumpulan mantan pengurus dan ketua organisasi pramuka di tingkat Asia-Pasifik maupun dunia ini sempat berkunjung ke beberapa desa di DIY. Salah satunya ialah Desa Nglanggeran. Dan mereka sangat terkesan dengan program pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi yang diterapkan,” ujar Arief.

Menurut Arief, perwakilan kepanduan dunia ini menganggap program pemberdayaan masyarakat yang diterapkan di DIY merupakan wujud dari peran pramuka dalam hal pengabdian pada masyarakat. Mereka juga sempat melaporkan panitia yang nanti juga akan bertugas pada kegiatan kepramukaan internasional yakni Youth Scout Camp 2020 di Yogyakarta.

“Sebagai para mantan pengurus, mereka memberikan masukan kepada panitia lokal DIY mengenai apa saja yang nanti perlu ditingkatkan untuk menerima delegasi pramuka sedunia ini. Salah satunya, mengangkat tema kegiatan tentang kebudayaan,” paparnya.

Arief menambahkan, usulan tersebut diajukan dengan melihat filosofi pengabdian pramuka dalam pemberdayaan masyarakat juga terkait kebudayaan. Usulan ini pun langsung mendapat respon dari Gubernur DIY. Sri Sultan mengatakan, kebudayaan menjadi tema yang paling pas, karena dengan tantangan zaman sekarang ini, khususnya kepada generasi muda, peran pramuka dalam membangun moral dan karakter menjadi suatu yang penting.

“Gubernur DIY pun berharap para mantan pengurus yang datang hari ini bisa mendapat kesempatan berkunjung kembali ke DIY sekaligus menghadiri Youth Scout Camp 2020,” imbuhnya.

Organisasi Kepanduan Dunia pun telah mengungkapkan kekagumannya pada keanggotaan Gerakan Pramuka yang menjadi organisasi kepanduan di Indonesia. Hal ini dikarenakan dari sekitar 40 juta anggota kepanduan dunia, hampir 20juta diantaranya merupakan keanggotaan pramuka dari Indonesia saja. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: