17 Jun 2019

Gubernur DIY : Tilik Kembali Tiga Kompenen Utama Persaudaraan

Yogyakarta (17/06/2019) jogjaprov.go.id – Ada baiknya kita sebagai manusia merenungkan kembali konsep persaudaraan menyeluruh yang berpijak pada tiga komponen utama. Ketiga komponen utama tersebut adalah persaudaraan atas dasar Islam, persaudaraan kebangsaan, dan persaudaraan kemanusiaan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu jawaban atas kekhawatiran soal keindonesiaan dan hilangnya persaudaraan, serta bubarnya Indonesia sebagai rumah bersama.

Demikian inti sambutan yang disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat menghadiri agenda Syawalan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di Grha Pandawa, Balaikota Yogyakarta, Senin (17/06) pukul 10.00-11.30 WIB. Dalam kesempatan tersebut, Sultan hadir dengan didampingi oleh GKR Hemas. Adapun Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X juga turut hadir dengan didampingi GKBRAy. A. Paku Alam.

Lebih lanjut melalui sambutannya, Sultan juga kembali menekankan, “Persaudaraan merupakan modal dan kekuatan bangsa Indonesia untuk bersama menghadapi dan mengurai perbedaan dengan islah. “ Islah sendiri dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk memperbaiki, mendamaikan, mengembalikan harmoni kehidupan, dan menghilangkan sengketa atau kerusakan. Jika dalam satu golongan terjadi perbedaan, perlu ada pihak ketiga yang menengahi dan meng-islah-kannya.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta juga turut menyampaikan permohonan dukungan dari Sultan terkait komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY XV yang akan digelar Oktober 2019. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur atas kesediaannya memfasilitasi Pemkot sebagai tuan rumah, kami mohon dukungan agar pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar,” ujar Haryadi. Menanggapi hal tersebut, Sultan menyampaikan dukungannya kepada Pemkot Yogyakarta agar dapat melaksanakan gelaran PORDA dengan baik serta mendapatkan hasil yang memuaskan. “Saya berharap bahwa target yang sudah ditetapkan Pemkot Yogyakarta juga dapat terpenuhi,” ujar Sultan.

Periode ketiga pelaksanaan agenda Syawalan bersama Gubenur dan Wakil Gubernur DIY ini dihadiri oleh sekitar 1.500 tamu undangan yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota DPRD Kota Yogyakarta, Forkopimda Kota Yogyakarta, pamong praja, serta pimpinan Parpol dan Ormas Kota Yogyakarta. Dua lokasi terakhir yang menjadi lokasi syawalan adalah Kabupaten Kulon Progo, Rabu (19/06) dan Kabupaten Gunungkidul, Kamis (20/06). Terdapat pula satu agenda syawalan lain yang digelar untuk Abdi Dalem Kaprajan atau Abdi Dalem yang berasal dari golongan PNS, TNI, maupun Polri pada Senin (24/06) di Bangsal Kepatihan. [vin]

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: