21 Jun 2019
  Humas Berita,

Peresmian Darma Sasana Husada Balabkes dan Kalibrasi

 

Yogyakarta (21/06/2019) jogjaprov.go.id – Perubahan nama dari Balai Laboratorium Kesehatan ditambah dengan Kalibrasi merupakan Komitmen Pemerintah  Daerah adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Demikian Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi, MT pada peresmian gedung baru di Balabkes dan Kalibrasi di Ngadinegaran Yogyakarta pada Jum’at (21/06).

Menurut Gatot diperlukan upaya bersama untuk bisa optimal melayani dari sisi kalibrasi. Kesiapan SDM yang handal diperlukan selain kelengkapansarana serta peralatan. Dikatakannya pula dari sisi manajemen yang optimal serta bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan turunnya Ijin Operasional dari Kementrian Kesehatan ini mengandung arti bahwa adanya kepercayaan bahwa Balai ini memang layak untuk melayani kalibrasi. Tidak lupa perlunya menciptakan beberapa inovasi yang ada seoptimal mungkin.

Disamping melaksanakan pelayanan laboratorium ada tambahan pelayanan kalibrasi  yang merupakan terobosan yang ideal dan bagus karena sebelum adanya kalibrasi di Balai ini, DIY belum punya layanan kalibrasi. Menurut Sekda ini merupakan terobosan yang bagus untuk pelayanan kepada masyarakat dan pangsa pasarnya sangat bagus.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembajun Setyaningastutie, Mkes dalam kesempatan yang sama bahwa Balabkes ini merupakan warisan dari Kementrian Kesehatan sejak tahun 1950, kemudian yang terakhir dengan Peraturan Gubernur Nomor 87 tahun 2018 yang berubah nama menjadi Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi. Fungsi Balabkes dan Kalibrasi ini adalah sebagai unit yang memberikan kalibrasi alat laboratorium dan pengujian kalibrasi alat kesehatan.

Disampaikan juga bahwa Kalibrasi Alat Kesehatan memiliki tujuan untuk mencapai ketelusuran pengukuran. Kalibrasi berfungsi menjaga kendali mutu dengan memastikan kinerja dan akurasi berbagai instrumen yang digunakan melalui penentuan penyampingan nilai standar dengan yang ditunjuk alat ukur. Dengan kata lain kalibrasi adalah cara untuk memastikan akurasi dari alat ukur tersebut sehingga instrumen yang digunakan dapat menghasilkan pengukuran yang akurat.

Nama gedung yang baru diresmikan tersebut seperti disebutkan oleh Sekda DIY  adalah: Darma Sasana Husada. Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi yang beralamat di Ngadinegaran MJ II/62 Yogyakarta. (teb)

Bagaimana kualitas berita ini: