24 Jun 2019

Abdi Dalem Perlu Mendalami Budaya Lebih Dalam

 

Yogyakarta (24/06/2019) Jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X hadir dalam syawalan bersama ratusan abdi dalem di Bangsal Kepatihan, Senin (24/06). Para abdi dalem yang mengikuti syawalan kali ini tak hanya berasal dari abdi dalem Keraton Yogyakarta tapi juga abdi dalem Kadipaten Puro Pakualaman Yogyakarta.

Para abdi dalem mengenakan busana tradisional Jawa baik breskap maupun peranakan, yang terdiri dari laki- laki dan perempuan, remaja dan dewasa hingga anak kecil. Dalam sambutannya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Idul Fitri adalah hari kemenangan setelah berhasil menahan diri dari hawa nafsu di bulan Ramadan. Idul Fitri juga merupakan waktu dimana saling membuka lembaran baru dan seperti terlahir kembali.

Dikatakan Gubernur DIY, momen Idul Fitri ini bersamaan dengan momen Pemilu. Pemilu dapat menimbulkan kerenggangan tali persaudaraan antarsesama yang seharusnya dijaga. Untuk itu, dibutuhkan sikap legawa dalam menerima hasil keputusan, baik itu kemenangan maupun kekalahan. Dalam suasana politik seperti ini, diharapkan yang kalah mengakui yang menang agar tidak terjadi selisih paham antarsesama.

Sri Sultan menambahkan, melalui momen syawalan kali ini, merupakan sarana untuk saling bermaaf-maafan dan menghapus dosa. “ Yang merasa punya salah jangan diulangi kembali. Kesalahan, khilaf, dan dosa, sudah jadi bagian dari hidup, maka dari itu kita harus bisa tepa selira agar senantiasa hidup rukun,” imbuhnya.

Gubernur DIY juga menyampaikan bahwa dalam syawalan terdapat empat hal yang perlu diperhatikan. Dua hal pertama adalah kesalahan orang lain dan kebaikan kita kepada orang lain wajib dilupakan, sedangkan dua hal lainnya adalah kesalahan kita dan kebaikan orang lain wajib untuk diingat.

Dalam kesempatan itu, Sri Sultan berpesan kepada para abdi dalem agar lebih mendalami budaya Yogyakarta lebih dari masyarakat lainnya. “Jangan sampai kita tergoda terhadap faham lain selain Pancasila yang sudah menjadi dasar negara kita,” pesannya.

Syawalan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dengan abdi dalem berlangsung lancar dan meriah. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh dua tarian yaitu Tari Pujiastuti dan Tari Gatot Kaca Setiya. Turut hadir dalam syawalan tersebut beberapa kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. (Nw/Gh)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: