25 Jun 2019
  Humas Berita,

DIY Siap Dukung LKS SMK Tingkat Nasional

Yogyakarta (25/06/2019) jogjaprov.go.id – Untuk kedua kalinya Kemendikbud RI menilai DIY paling siap menjadi tuan rumah Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional tahun 2019. LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2019 ini nantinya akan diikuti oleh sekitar 750 siswa SMK se-Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X menyampaikan akan mendukung penuh program yang di inisiasi oleh Kemendikbud RI ini. Hal tersebut disampaikan saat menerima kunjungan dari Panitia LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2019, Selasa (25/06) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, guna membahas persiapan LKS SMK Tingkat Nasional 2019. Paku Alam X menyampaikan bahwa dalam acara tersebut, tidak boleh meninggalkan akar budaya yang dimiliki Indonesia. Budaya menurut Wagub DIY adalah kata kunci yang membuat masyarakat menjadi lebih bermartabat.  

Wagub DIY menambahkan untuk memperhatikan karakter lokal bukan hanya dalam event yang digelar pada 07-13 Juli 2019 di Sportorium UMY mendatang, namun juga dalam kegiatan pendidikan sehari-hari baik di sekolah mauapun di luar sekolah. Dengan demikian akan terjadi akulturasi budaya yang akan membangun secara utuh karakter siswa yang rasa saling menghargai, menghormati, disiplin dan tanggung jawab.

“Anak-anak boleh nakal, karena itu adalah pengembangan diri, namun tidak boleh kurang ajar. Itulah pentingnya menanamkan budaya pada anak,” jelas Wagub DIY.

Dr. Ir. Bakhrun, M.M., Direktur Pembinaan SMK RI, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Panitia LKS SMK Tingkat Nasional 2019 ini menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Wagub DIY tersebut sudah mulai dilaksanakan.

“Kita tidak bisa melepaskan budaya kita. Namun saat ini budaya ini memang sedikit kurang didalami siswa. Itu yang kita sedang menjadi perhatian kita sekarang. Jadi kita menanamkan untuk mencontohkan, bukan hanya sekedar dengan kata-kata,” jelas Bakhrun.

Bakhrun menjelaskan bahwa selama event ini berlangsung, diadakan program untuk mengunjungi SMP di DIY untuk mengenalkan SMK di seluruh Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan budaya dari masing-masing provinsi sehingga bisa saling bertukar kekayaan. Tak hanya itu saja, nantinya juga akan diadakan pameran yang berkaitan dengan industri-industri yang bekerjasama dengan SMK.

Bakhrun berharap bahwa LKS SMK ini nantinya bisa menjadi motivasi bagi seluruh siswa SMK di Indonesia agar lebih berprestasi. Menurut Bakhrun, siswa SMK berprestasi ini nantinya akan mendapatkan sertifikasi yang akan memudahkan memudahkan para lulusan SMK untuk mendapatkan pekerjaan.

“Peserta LKS ini harapannya bisa di lirik oleh industri untuk bisa direkrut oleh industri. Karena ini rata-rata kan sudah kelas III jadi pas sekali,” ujar Bakhrun.

Dipilihnya DIY menjadi tuan rumah adalah karena dari segala segi, DIY dianggap paling baik, terutama dibidang transportasi, akodomasi, SDA, serta kesiapan ikut menjadi resource sharing dalam kegiatan ini. (uk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: