03 Jul 2019

Sri Paduka Buka Gelar Pengawasan Daerah DIY 2019

Yogyakarta (03/07/2019) jogjaprov.go.id - Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kepada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan telah disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD DIY, Selasa (28/05) pagi. Dengan meraih WTP pada tahun 2019 tersebut, Pemda DIY terhitung telah mendapatkan sembilan kali WTP secara berturut-turut sejak tahun 2010.

Meski demikian, masih terdapat beberapa temuan kekurangan yang harus diselesaikan oleh Pemda DIY dengan mengacu pada rekomendasi yang diberikan oleh Inspektorat Kementerian Dalam Negeri. “Adapun jumlah rekomendasi yang diberikan ada sekitar 227 rekomendasi dimana 70 diantaranya telah berhasil dilaksanakan selama kurun 2019 ini,” ujar Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan Sri Paduka saat menghadiri sekaligus membuka acara Gelar Pengawasan Daerah DIY 2019 di Aula Dinas Kebudayaan DIY, Rabu (03/07) pagi. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula Inspektur DIY Wiyos Santoso, SE., M.Acc, Inspektur II Kementerian Dalam Negeri, Drs. Muhammad Nur, ME., dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DIY.

Lebih lanjut, Sri Paduka menerangkan bahwa DIY masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat, karena masih ada 157 rekomendasi yang belum ditindaklanjuti. “Saya rasa, ini menjadi keprihatinan kita bersama. Ini harus dipikirkan bersama oleh seluruh elemen birokrasi. Karena indikator keberhasilan dalam situasi ini adalah kecepatan dan ketepatan,” ujar Sri Paduka. Sri Paduka menambahkan bahwa tugas bersama ini harus dapat dipahami sebagai tugas menyeluruh, ”Birokrasi itu kan kerja bersama, ndak bisa parsial. Ini tanggung jawab bersama dari eselon 4 sampai yang paling bawah,” tambah Sri Paduka.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Muhammad Nur, “Apa yang telah dicapai oleh DIY sudah terbilang baik, namun hendaknya tindak lanjut rekomendasi juga harus segera diselesaikan,” ujarnya. Namun demikian, Nur merasa optimis bahwa pekerjaan rumah ini tentu bisa diselesaikan sesegera mungkin dengan kerja sama dan koordinasi yang baik antar semua pihak. [vin]

HUMAS PEMDA DIY 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: