05 Jul 2019

99 Capaja AAU 2019 Pamitan ke Gubernur DIY

Yogyakarta (05/07/2019) jogjaprov.go.id - Sebanyak 99 Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Udara (AAU) 2019 bersilaturahmi sekaligus berpamitan kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (05/07) pagi di Bangsal Kepatihan. Capaja terseut merupakan Taruna Tingkat IV yang telah menyelesaikan masa studinya di AAU. Turut hadir bersama Sultan yakni Gubernur AAU, Marsda Tatang Harliansyah, S.E., M.M. Adapun Sultan turut didampingi oleh Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi.

Dalam sambutannya, Sultan menuturkan," Tentunya menjadi Capaja adalah kebanggaan bagi keluarga. Kebanggaan dan rasa syukur yang mendalam ini hendaknya diikuti pemahaman bahwa momentum ini bukan puncak prestasi melainkan awal dalam pengabdian calon perwira kepada bangsa dan negara. Dengan simbol Swa Bhuwana Paksa, setiap perwira TNI AU membawa misi menjaga dan menegakkan keamanan dan pertahanan matra udara di seluruh wilayah yurisdiksi Indonesia," ujar Sultan.

Pada kesempatan yang sama, Tatang Harliansyah menyampaikan terima kasihnya sekaligus memohon maaf kepada Sultan jika ada kesalahan yang dilakukan oleh Capaja selama menempuh pendidikan di AAU Yogyakarta. "Saya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DIY dan masyarakat Jogja atas dukungan yang diberikan selama ini sehingga Capaja dapat menyelesaikan tugas belajar dengan lancar," jelas Tatang. 

Lebih lanjut, Tatang juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan selama anak didik menempuh pendidikan di Jogja. Tatang menambahkan, "Capaja telah menjadi bagian dari masyarakat Yogyakarta. Semoga ikatan batin yang telah terjalin dengan masyarakat Jogja dapat terus ada, tak ubahnya ikatan yang terjalin antara para alumnus AAU dengan almamaternya," ujar Tatang.

 

Adapun ke-99 Capaja AAU tersebut mendapat gelar Sarjana Terapan Pertahanan/S. Tr. (Han) dari tiga program studi (prodi), masing-masing program studi Aeronautika, Elektronika, dan Teknik Manajemen Industri. Selanjutnya pada Selasa (16/9) yang akan datang, para Capaja ini akan dilantik dan disumpah menjadi Perwira Remaja (Paja) TNI bersama lulusan Akmil, AAL, dan Akpol oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka Jakarta. [vin]

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: