08 Jul 2019

LKS SMK Tingkatkan Kompetensi dan Motivasi Siswa

Bantul (08/07/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 pada Senin (08/07) pagi di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam kompetisi nasional yang digelar untuk ke-27 ini berlangsung 7-13 Juli 2019.

Sri Sultan menuturkan, LKS SMK berdampak positif secara signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan motivasi para pelajar siswa SMK. “Para peserta didik yang memenangkan lomba tentunya memiliki konsekuensi agar berkelanjutan dan dapat meraih prestasi-prestasi lain yang diinginkan,” kata Sri Sultan.

Menurut Sri Sultan, pola pembelajaran harus melalui pola penghargaan pada setiap ditemukannya inovasi. Maka penerapannya harus pada pola pembelajaran dengan harapan tercetaknya sistem sekolah yang kondusif untuk menjadi panutan dengan harapan yang baik bagi penerus bangsa.

“Pemda DIY menyambut baik diselenggarakannya acara ini. Selamat datang di Yogyakarta, semoga kehadiran kita semua memberikan nilai lebih pada penyelenggaraan LKS SMK 2019,” imbuh Sri Sultan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Didik Suhardi, Ph.D mengatakan, acara LKS SMK ini bukan sekedar ajang perlombaan tetapi merupakan ajang unjuk kinerja.

“Dalam lomba ini akan menampilkan anak-anak kita yang berprestasi dibidangnya masing-masing, sehingga prestasi anak-anak ini diharapkan menggambarkan perkembangan peningkatan kualitas pendidikan SMK di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Bidang kompetensi yang diperlombakan dalam LKS SMK 2019 sebanyak 32 bidang, dengan melibatkan 759 peserta siswa SMK se-Indonesia.

LKS SMK 2019 ini juga merupakan ajang untuk meningkatkan sinergi antara siswa sekolah dan Pemerintah Daerah serta para mitra Industri untuk semakin menyeimbangkan dan menyelaraskan siswa agar terserap di dunia kerja. (Lt/Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: