09 Jul 2019

Gubernur DIY Ajak LIPI Kembangkan Teknologi untuk UMKM

Yogyakarta (09/07/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dapat mendukung pengembangan teknologi bagi sentra UMKM di wilayah DIY. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, saat ditemui usai audiensi dengan Gubernur DIY pada Selasa (09/07) siang di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Handoko menjelaskan, “Dalam pertemuan tadi, Bapak Gubernur mengatakan bahwa Yogyakarta masih membutuhkan dukungan teknologi khususnya bagi UMKM lokal yang murni untuk mendukung meningkatkan branding 'Jogja 100%' yang ada di produk UMKM,” jelasnya. 

Dukungan tersebut diharapkan bisa memperlancar proses produksi baik pangan maupun kerajinan serta meningkatkan kapasitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh UMKM DIY. 

Di sisi lain, pada audiensi tersebut juga dibahas mengenai prospek kerjasama dan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemda DIY dengan LIPI. Adanya perjanjian tersebut diharapkan dapat mendukung dan memperlancar operasional kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh LIPI di wilayah Yogyakarta.

Handoko berujar bahwa kerjasama yang telah terjalin sebelumnya perlu ditingkatkan dengan MoU. “Kami juga berupaya dan meminta persetujuan agar Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI yang ada Gunungkidul bisa meningkat status kedudukannya dari balai penelitian menjadi pusat penelitian,” ujarnya.

Pencanangan kawasan Menoreh, Merapi, dan Merbabu sebagai cagar biosfer kepada UNESCO, seperti yang telah disampaikan LIPI dalam kunjungan sebelumnya, juga turut menjadi bahan pembahasan. "Jadi kalau cagar biosfer itu dua tahun kita sudah bisa mengajukannya dan kalau bisa langsung mendapat persetujuan, sehingga kita bisa sekaligus melindungi," ujarnya.

Handoko mengatakan bahwa target tersebut harus mendapatkan dukungan yang kuat dari Gubernur DIY. “Sekali lagi, kami memohon dukungan dari Bapak Gubernur agar rencana tersebut berjalan dengan lancar,” tutupnya. [vin]

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: