20 Jul 2019

Gubernur DIY Kibarkan Bendera Start untuk 1.600 Peserta Tour de Ambarrukmo 2019

Yogyakarta (20/07/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X melepas keberangkatan 1.600 pesepeda sekaligus dimulainya acara Antangin Tour de Ambarrukmo 2019, pada hari Sabtu (20/07) pagi di Royal Ambarrukmo Hotel.

Selain Gubernur DIY, acara tersebut juga dihadiri Kapolda DIY, Danrem 072/Pamungkas, Walikota Yogyakarta, Bupati Sleman, Kepala Dinas Pariwisata DIY, CEO PT. Deltomed, serta Owner The Ambarrukmo.

Tour de Ambarrukmo merupakan annual event cycling yang telah diselenggarakan ketiga kalinya oleh The Ambarrukmo yang bertujuan untuk memperkuat citra Yogyakarta sebagai kota wisata dan budaya melalui kegiatan bersepeda. Kegiatan tersebut diikuti oleh 1.600 pesepeda dengan menempuh jarak rute race 145km dan rute regular (non-race) sepanjang 130 km.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., mengatakan, event cycling Tour de Ambarrukmo 2019 ini sudah kesekian kali diadakan. Pemerintah sangat support keberlangsungan acara  tersebut.

“Antangin Tour de Ambarrukmo 2019 merupakan event sepeda yang bergengsi, karena dari sisi keselenggaraanya, sisi pesertanya yang banyak ikut berpartisipasi, tidak hanya dari Jogja, tetapi dari luar negeri mulai ikut berpartisipasi,” ujar Singgih.

Melalui even tersebut, para pesepeda diajak untuk bersepeda melintasi beberapa ikon wisata di Yogyakarta sehingga dapat merasakan pengalaman langsung selama di rute perjalanan. Peserta melewati rute di antaranya Gamping, Tugu Pensil, menuju check point pertama yakni Waduk Sermo, Kulon Progo, dan rute yang lebih menantang lagi yakni Girimulyo Hill Climb. Kemudian para pesepeda akan melalui check point kedua yakni Lapangan Tempel Sleman, Cangkringan, dan Prambanan sebagai check point ketiga, serta finish kembali ke Pendopo Ambarrukmo.

“Dari sisi destinasi wisata bagian yang kita kenalkan ke para pesepeda ini, karena melewati beberapa destinasi keunggulan Jogja, mulai dari Sleman, Kulon Progo dan Bantul. Ini menjadi bagian dari pengenalan destinasi,” imbuh Singgih.

Antangin Tour de Ambarrukmo 2019 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta serta semakin mengenalkan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata budaya, sejarah, kuliner dan belanja. (As)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: