20 Jul 2019

Gubernur DIY Dorong Bantul Terus Berprestasi

Bantul (20/07/2019) jogjaprov.go.id –Berdekatan dengan HUT Kabupaten Bantul ke-188 tahun 2019, Bantul banyak menorehkan prestasi dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Namun demikian, Bantul tetap dihimbau untuk meningkatkan prestasi terutama dalam mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Parangtritis, Samas dan Gumuk Pasir.

Hal demikian disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Puncak peringatan HUT Bantul ke-188, Sabtu (20/07) di Lapangan Trirenggo, Bantul. Menurut Sri Sultan, KEK yang merupakan program Pemda DIY tersebut hanya akan terwujud jika ada dukungan penuh dari Bantul karena lokasinya memang terletak di kabupaten tersebut.

Kepada Bupati Bantul Drs. H. Suharsono beserta jajaran Forkopimda Bantul, Gubernur DIY menghimbau untuk mendukung apa yang telah menjadi program Pemda DIY tersebut. “Saya meminta pemerintah (Kabupaten Bantul) untuk segera melakukan proses perizinan untuk mendukung gagasan tersebut, sehingga kajian dan penetapan oleh Dewan Nasional KEK bisa segera dimulai,” ujar Sri Sultan.

Sri Sultan mengapresiasi kinerja Pemkab Bantul salah satunya KEK Industri Kreatif yang berada di Piyungan. Gubernur DIY berharap segera ada regulasi yang jelas mengenai izin operasional untuk bupati terkait program tersebut.

Pada perkembangan Bantul yang cukup pesat ini, Sri Sultan menghimbau agar pemerintah Bantul memberikan pelayanan prima kepada masyarakatnya. Pun pemerintah Bantul harus terus berupaya membangun desa untuk kesejahteraan warga. Masyarakat harus merasa damai dan sejahtera serta aman di bawah pelayanan jajaran pemerintah Bantul.

"Sesuai tema ‘Dengan Semangat Makarya Bangun Desa', mari kita bersama-sama mewujudkan masyarakat Kabupaten Bantul yang bersih, sehat, cerdas dan sejahtera," tutur Sri Sultan sekaligus menghimbau agar seluruh masyrakat Bantul agar selalu waspada tidak terbujuk pada hawa nafsu yang bisa memecah kerukunan.

Dengan demikian, jiwa akan selalu sehat. Jiwa yang sehat akan menguatkan pribadi seseorang. Gubernur DIY berharap pada puncak acara HUT Bantul ini apa yang menjadi harapan dapat diraih. Semua visi misi Bupati bisa terlaksana melalui eksekusi program yang pro-rakyat.

“Selamat Ulang Tahun Bantul, muga rahayu kang pinanggih sumrambahing kawula alit warga masarakat saindenge Kabupaten Bantul kene,” tutup Sri Sultan.  

Terkait dengan peringatan HUT Bantul ke-188 ini, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono bersama seluruh pejabat dan jajaran kepala OPD melaporkan kepada Gubernur DIY mengenai berbagai perkembangan di Kabupaten Bantul. Laporan dibacakan dengan disaksikan seluruh peserta upacara serta ribuan masyarakat yang memadati Lapangan Trirenggo.

Dalam laporannya, Suharsono menjabarkan berbagai prestasi yang di torehkan Bantul. Salah satu yang menjadi kado pada HUT Bantul adalah masuknya dua inovasi Bantul pada SINOVIK 2019. Inovasi tersebut adalah Mobil Pajak Keliling dari BKAD Bantul serta Siperkasa atau Sistem Penjemuran Pasca Panen dari UPT Balai Benih DPPKP Bantul.  

Tak hanya itu saja, namun Bantul juga terus berupaya untuk terus mempertahankan WTP dari BPK dalam pengelolaan keuangan seperti yag selama ini didapatkan. Terkait Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2019, Bantul juga meraih predikat A.

Suharsono menyampaikan untuk mempercepat pembangunan, Bantul memperhatikan beberapa masalah yang perlu perhatian khusus. Salah satunya, Bantul serius menggarap potensi di pesisir selatan serta membangun industri baik pariwisata, kreatif mauapun yang lain. Bantul juga terus meningkatkan kualitas public service serta lebih memperhatikan pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu.

“Semoga sinergitas antara pemerintah, masyarakat serta swasta terwujud, sehingga bisa mengurai masalah kemiskinan, ketimpangan sosial serta bisa mempermudah proses pembangunan nasional serta pelayanan publik,” papar Suharsono.

Setelah upacara selesai dilaksanakan, Gubernur DIY didampingi Bupati Bantul berkenan memberikan penghargaan kepada 4 orang warga Bantul pemenang PKM PKH. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada CSR berprestasi di Bantul.

Usai penghargaan, diluncurkan juga produk BA New, yaitu produk air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh PDAM Bantul. Selain itu ditampilkan pula beberapa pertunjukan yang menunjukan kekayaan Bantul seperti contohnya kehidupan di pesisir Pantai Selatan. Acara diakhiri dnegan kirab dari seluruh kecamatan di Bantul yang disaksikan langsung oleh Gubernur DIY. (uk)

HUMAS PEMDA DIY

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: